SIGERMEDIA.COM – Pemerintah Kabupaten mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang dilaksanakan di Ruang Tapis Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, pada Selasa (23/3/2021).

Baca Juga : Urungkan PLTSa, Pemkot Bandar Lampung Akan Olah TPA Bakung Jadi Briket

Dalam Musrenbang tersebut, Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Sehingga perlu disusun suatu perencanaan pembangunan daerah yang sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan responsif terhadap aspirasi dan perubahan zaman.

Baca Juga : Penelitian Vaksin Nusantara Akan Dihentikan Sementara

Dalam sambutannya, beliau mengajak semua pihak untuk selalu optimis dan kerja keras untuk mengeksplor berbagai potensi daerah ditengah keterbatasan. Pasalnya, Kabupaten telah mengalami pemekaran wilayah beberapa kali, sehingga konsekuensinya yaitu mengurangi luas wilayah dan berkurangnya beberapa potensi dan sumber daya daerah.

Baca Juga : Ini Alasan Founder Bank Jago Dirikan Bank Digital

“Karena keterbatasan tersebut, kami mengajak semua pihak untuk selalu optimis dan bekerja keras, berkreativitas dan berinovasi untuk mengeksplorasi seluruh potensi daerah. Baik dari sektor sumber daya alam, perdagangan, pariwisata, teknologi, maupun potensi sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten yang aman, agamis, maju, dan sejahtera.” Jelas Budi Utomo.

Baca Juga : Ini 33 Daftar RUU Prolegnas Prioritas 2021 yang Disahkan DPR

Beliau berharap, pelaksanaan Musrenbang tersebut menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders dalam menetapkan program kegiatan yang berkualitas, transparan dan akuntabel untuk menghasilkan RKPD Kabupaten Lampura yang dapat menjawab berbagai masalah yang masih belum teratasi.

Baca Juga : Jadwal SepakBola 23, 24, 25 Maret 2021

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Perekonomian dan pembangunan Provinsi Lampung, Edi Yanto menjelaskan bahwa Musrenbang adalah sebuah mekanisme penyusunan program pembangunan yang rutin. Sehingga setiap tahun terdapat prioritas pembangunan yang ingin dicapai.

“Ini terkesan sebagai kegiatan rutin, tapi saya tekankan bahwa setiap tahun ada yang menjadi prioritas pembangunan. Melalui Musrenbang ini yang akan menjadi langkah awalnya untuk mencapai tujuan pembangunan yang ingin dicapai.” Pungkasnya.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L