Wapres Ajak Akademisi Promosikan Sikap Toleran untuk Hindari Radikalisme

SIGERMEDIA.COM – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ajak akademisi promosikan sikap toleran. Hal tersebut disuarakan Ma’ruf Amin karena akhir-akhir ini beberapa kejadian terkait radikalisme terjadi di Indonesia.

“Mencermati fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, terorisme kembali mengganggu kedamaian tanah air, membuktikan bahwa masih mudahnya gagasan radikalisme masuk kedalam pikiran seseorang.” Ujar Ma’ruf Amin dalam acara Wisuda Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), pada Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Pemerintah Akan Jamin Harga Tahu dan Tempe Supaya Tetap Stabil

Wapres mengatakan maksud dari sikap toleran yaitu perilaku yang menerima dan menghargai perbedaan, menolak bentuk tindak kekerasan, termasuk yang dilakukan atas nama agama.

“Saya ingin berpesan, teruslah mempromosikan sikap toleran, yaitu perilaku yang menerima dan menghargai perbedaan, menolak segala bentuk tidak kekerasan, termasuk yang dilakukan atas nama agama, baik secara verbal maupun fisik.” Tandasnya.

Ia meminta kepada seluruh pihak agar memelihara kesatuan dan persatuan bangsa. Menurutnya, kerukunan dan persatuan bangsa dapat dijaga melalui empat bingkai, yaitu bingkai teologis, politik, sosiologis, dan yuridis.

Baca Juga: Dahlan Iskan Sebut BUMN Infrastruktur Haus Hingga Kerongkongan, Akan Bangkrut?

Bingkai teologis mengedepankan teologi kerukunan, bingkai politik dengan penguatan empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kemudian bingkai sosiologis melalui pendekatan sosio kultural dan kearifan lokal. Sementara itu bingkai yuridis yaitu dengan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Hanya dengan cara ini kita akan dapat menjaga kerukunan, keharmonisan, dan keutuhan bangsa.” Ucapnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News