Vaksin AstraZeneca Asal Inggris sebesar 1.1 Juta Dosis Telah Tiba di Indonesia

Vaksin AstraZeneca Asal Inggris sebesar 1.1 Juta Dosis Telah Tiba di Indonesia
Vaksin AstraZeneca Asal Inggris sebesar 1.1 Juta Dosis Telah Tiba di Indonesia

SIGERMEDIA.COM – Sekitar 1.1 juta dosis vaksin AstraZeneca asal Inggris tiba di Indonesia pada hari Senin (8/3) di Bandara Soekarno Hatta. Hal ini dibernarkan Jubir Satgas penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Ya, benar. 1.1 juta dosis.” Kata wiku, dikutip dari beritasatu (8/3/2021).

Baca Juga : Daftar Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Lampung

Vaksin AstraZeneca sudah mendapat persetujuan dan sudah menjadi salah satu daftar penggunaan darurat oleh WHO Februari lalu. Vaksin ini juga dapat digunakan pada rentang usia diatas 60 tahun.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 : Pegawai Disdukcapil Bandar Lampung Mulai Divaksin

“Vaksin AstraZeneca salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun keatas, dimana yang kita ketahui angka kematian kelompok ini tergolong tinggi.” Ungkap Dr. Siti Nadia beberapa waktu lalu.

Sebelumnya diketahui bahwa Indonesia mengajukan permintaan vaksin gratis melalui jalur multilateral GAVI. Jadi vaksin AstraZeneca hadir berkat skema kerjasama Aliansi Global Vaksin dan Imuniasai yaitu GAVI Covax Facility. Pengajuan tersebut dilakukan oleh Budi Gunadi, Menteri Kesehatan RI dan Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI pada Kamis (7/1/2020).

Keduanya menandatangani formulir B Vaksin Gavi Covax Facility, sebagai pelengkap konfirmasi keikutsertaan Indonesia dalam pengadaan 108 juta dosis vaksin Covid-19 secara gratis dari lembaga tersebut.

Budi menyambut baik hal ini. Indonesia masuk daftar sebagai penerima vaksin gratis tersebut.
Selain tidak mengeluarkan biaya, potensi 108 juta dosis vaksin Covid-19 melengkapi komitmen pengadaan vaksin Indonesia melalui jalur bilateral.

“Ini adalah satu supaya Indonesia dapat memperoleh akses maksimal 108 juta dosis vaksin gratis dari GAVI.” Ujar Budi Gunadi.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari

Temukan Artikel Viral kami di Google News