Terusan Suez Kembali Normal Setelah Kapal Raksasa Ever Given Berhasil Bebas

SIGERMEDIA.COM – Sebuah kapal kontainer raksasa bernama MV Ever Given yang kandas di Terusan Suez akhirnya berhasil dibebaskan setelah Otoritas Terusan Suez (Suez Canal Authority) dan perusahaan manajemen Leth Agencies menyelamatkan kapal tersebut, pada Senin (29/3/2021).

Baca Juga : Jusuf Kalla Ingatkan Adanya Potensi Teror, Masyarakat Diminta Waspada

Kapal seukuran Empire State Building di New York tersebut kandas kurang lebih seminggu yang lalu (23/3) sehingga mengakibatkan terhentinya jalur perdagangan penting di dunia. Namun saat ini kapal-kapal lain sudah mulai dapat melewati kanal lagi.

Baca Juga : Cek Kendaraan Dinas, Wakil Walikota Metro: Bayar Pajak Tepat Waktu

“Navigasi telah kembali kedua arah mulai dari jam 6 sore (1600 GMT / UTC).“ Ujar Osama Rabie, Ketua Suez Canal Authority, pada Senin (29/3/2021).

Sebelum berhasil dievakuasi, berbagai upaya dilakukan untuk membuat kapal kandas tersebut berhasil mengapung kembali, mulai dari mengeruk serta menggali sisi timur kanal untuk membebaskan kapal raksasa tersebut.

Baca Juga : Pemudik Masuk Bandar Lampung Harus Memiliki Sertifikat Vaksinasi

Evergreen Line, selaku pihak yang menyewa kapal Ever Given mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa kelayakan kapal dan akan memutuskan bagaimana nasib kargo kapal setelah pemeriksaan tersebut dilakukan.

Namun disisi lain, Manajer Kapal Ever Given mengatakan bahwa hasil pemeriksaan awal menunjukkan keadaan kapal dalam kondisi baik-baik saja.

Baca Juga : Kilang Minyak Milik Pertamina di Balongan Meledak, Diduga Karena Tersambar Petir

“Belum ada laporan polusi atau kerusakan kargo dan penyelidikan awal mengesampingkan kegagalan mekanis atau mesin sebagai penyebab kandas.” Dalam pernyataan oleh Bernhard Sculte Shipmanagement.

Baca Juga : Hacker Dikabarkan Bobol dan Bocorkan Data Internal Milik Pertamina

Saat Ever Given terdampar, setidaknya terdapat lebih dari 300 kapal mengantre untuk melewati jalur tersebut. Kapal-kapal tersebut memuat berbagai barang, termasuk kapal tanker, kapal gas alam cair, dan kapal-kapal kontainer lainnya.

Baca Juga : Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar

Akibat dari kandasnya kapal raksasa tersebut, dikabarkan jumlah kerugian mencapai 6,5 milyar poundsterling atau 129,3 triliun setiap harinya..

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News