Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri dan Strukturnya

Pengertian Tujuan Teks Eksplanasi
Pengertian Tujuan Teks Eksplanasi

SIGERMEDIA.COM – Ciri, Contoh, Struktur dan Tujuan dari Pengertian Teks Eksplanasi adalah Naskah, bahasa ataupun tulisan yang didalamnya berisi informasi mengenai seluruh kejadian yang terjadi baik itu dilingkungan sosial, kejadian alam, perubahan budaya dan ilmu pengetahuan berdasarkan hubungan sebab akibat.

Secara umum Teks Eksplanasi bertujuan memberikan informasi yang berkembang berdasarkan kaidah ilmiah untuk dapat menjabarkan beragam perubahan maupun kejadian (Fenomena) baik yang terjadi secara alamiah maupun ada campur tangan.

Ciri Teks Eksplanasi juga biasanya lebih menonjolkan aspek runtutan kejadian atau yang biasa kita kenal “Kronologis” sehingga akan tersusun sebuah informasi peristiwa yang mendetail.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri dan Strukturnya

Untuk mengenali lebih dalam mengenai ciri maupun struktur dari teks ekspalanasi, berikut ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tujuan Teks Eksplanasi
Pengertian Tujuan Teks Eksplanasi

Definisi Pengertian Teks Ekspalanasi Menurut Ahli

1. Restuti
Ada beberapa argumen mengenai definisi teks eksplanasi menurut beberapa ahli misalnya Restuti 2013:85 , Restuti mengatakan jika pengertian Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

2. Mahsun
Sedangkan menurut Mahsun ( 2013: 189 ), Teks Eksplanasi adalah disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Baik pernyataan pertama maupun kedua sama-sama benar dan saling melengkapi satu sama lain.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Ciri utama dari teks jenis ini adalah Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  • Menggunakan kata penanda urutan.
  • Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks bisa dikategorikan sebagai teks eksplanasi jika memiliki struktur sebagai berikut ini.

1. Pernyataan Umum
Di bagian pernyataan umum ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

2. Urutan Sebab Akibat
Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.

3 Interpretasi
Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Temukan Artikel Viral kami di Google News