Gempa berkekuatan 5,0 mengguncang Jailolo, Maluku Utara di Indonesia.

Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara pada Ahad (30/4) malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geogisika (BMKG) mencatat gempa tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada di 1,37 lintang utara dan 126,38 bujur timur atau 125 km barat laut Jailolo-Malut.

Selain itu, gempa juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia pada malam yang sama. Gempa berkekuatan 3,5 magnitudo mengguncang Toli-Toli, Sulawesi Tengah, dan gempa dengan magnitudo 3,3 terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Meskipun begitu, tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa yang dilaporkan akibat gempa tersebut. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum jelas kebenarannya.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Oleh karena itu, masyarakat perlu selalu siap menghadapi kemungkinan terjadinya gempa bumi dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri dengan baik.

Temukan Artikel Viral kami di Google News