BPIP Bentuk Klinik Pancasila di Lapas dan Rutan Lampung

BPIP Bentuk Klinik Pancasila di Lapas dan Rutan Lampung
BPIP Bentuk Klinik Pancasila di Lapas dan Rutan Lampung

SIGERMEDIA.COM – BPIP Bentuk Klinik Pancasila di Lapas dan Rutan Lampung. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) resmikan Klinik Pancasila di lapas dan rutan yang berada di daerah Lampung, Kamis, 4 November 2021. Pengesahan Klinik Pancasila ini merupakan bagian dari usaha memperkuat nilai-nilai Pancasila yang berada di lapas dan rutan.

Baca Juga : Satu Orang Warga Metro Ditangkap Densus 88 Diduga Teroris

“Klinik Pancasila yang telah disahkan secara resmi makin memperkuat pimpinan lapas, Kanwil Kemenkumham, dan masyarakat binaan untuk memperkuat dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila,” kata Wakil Kepala BPIP, Hariyono.

Seperti yang diketahui, ditahun 2019 BPIP telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan program kerja-sama. Satu diantaranya ialah masalah Klinik Pancasila.

Baca Juga : Kereta Api Terbakar di Bandar Lampung Saat Membawa Ratusan Personel TNI

Klinik Pancasila ini ialah usaha untuk mengeruk nilai-nilai Pancasila. Ia mengharap, Klinik Pancasila di lapas dan rutan di depan bukan hanya penyembuhan dan pencegah, tetapi telah mengambil langkah lebih jauh yakni promotif, mempromokan nilai-nilai Pancasila.

Dengan Klinik Pancasila ini, karena itu masyarakat binaan tidak cuma sebagai peserta, tetapi menjadi pembina karena beberapa akademiki dari perguruan tinggi dapat belajar Pancasila dari masyarakat binaan di lapas.

Baca Juga : 4 Terduga Teroris Ternyata Sering Sembunyikan DPO Teroris Lainnya

Di kesempatan yang serupa Plt. Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso menyampaikan perihal klinik Pancasila sebagai fasilitas komunikasi positif di antara beberapa masyarakat binaan dan petugas.

Menurut dia, program Klinik Pancasila benar-benar pas diaplikasikan di lingkungan pemasyarakatan, pendekatan pembimbingan perlu lebih memprioritaskan sikap toleran, sama-sama pemahaman, masih tetap sabar untuk selalu patuhi ketentuan yang pada akhirannya diharap jadi masyarakat negara yang bagus atas dasar Pancasila.

Baca Juga : Jadwal SepakBola 6 7 8 November 2021

“Bukan hanya diceramahkan tapi telah diterapkan, mereka dengan kreasinya dilatih mengaktualisasikan kekuatan talenta ketrampilan, talenta seninya dan sebagainya,” kata Iwan.

Kepala Seksi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi menjelaskan ada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa yang dimasukkan lewat aktivitas keagamaan di lapas dan rutan.

Selanjutnya, memberikan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan bermoral. Ada pula nilai-nilai persatuan yang diperlihatkan oleh masyarakat binaan. Meskipun, mereka datang dari suku dan wilayah yang lain.

Baca Juga : Densus 88 Sita 400 Kota Amal dari Terduga Teroris Asal Lampung

Selanjutnya, ada nilai keadilan sosial yang tercermin dari rasa persaudaraan yang tinggi. Ini dilaksanakan tanpa mengenali kelas sosial.

Farid Junaedi yakini Klinik Pancasila jadi fasilitas pembimbingan Pancasila. Hingga nilai-nilai berkebangsaan yang dimasukkan ke masyarakat binaan dapat membuat mereka jadi duta Pancasila saat telah kembali lagi ke warga

“Ini loyalitas kami dari barisan Seksi Pemasyarakatan untuk melaksanakan pembimbingan ideologi Pancasila yang disebut ideologi bangsa,” kata Farid.

Baca Juga : Asal Usul Dan Sejarah Kota Metro

Untuk merealisasikan itu, Farid mengharap semua petugas dan pimpinan lapas dan Rutan di Lampung, untuk sama-sama bersinergi dalam Klinik Pancasila.

“Aku mengharap semua masyarakat binaan di daerah Lampung yang sejumlah 8.927 orang ini semua terjamah dengan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.

Atas dasar pengamatan di salah satunya Klinik Pancasila di Lapas Kelas II A Kalianda, Klinik Pancasila berupa sebuah ruang. Didalamnya, ada poster-poster mengenai Pancasila dan beberapa foto beberapa pendiri bangsa.

Baca Juga : Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Disamping itu, ada pula beberapa buku dan majalah mengenai Pancasila yang dapat dibaca oleh beberapa masyarakat binaan. Disamping itu, di ruangan ini jadi tempat pembimbingan Pancasila oleh beberapa petugas lapas ke beberapa masyarakat binaan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News