Virus PMK Jangkit 124 Ekor Sapi di Kabupaten Pesisir Barat

Kasus Virus PMK di Lampung Terkonfirmasi 47 Kasus
Kasus Virus PMK di Lampung Terkonfirmasi 47 Kasus

SIGERMEDIA.COM – Temuan kasus yang diduga PMK Jangkit 124 Ekor Sapi di Kabupaten Pesisir Barat. Hal tersebut berdasarkan informasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian DKPP Kab. PesiBar.

Dugaan terjangkitnya ratusan ekor sapi oleh virus Penyakit Mulut dan Kaki ini turut dibenarkan oleh Kabid Peternakan Rahmat Nursan yang turut mendampingi Kadis KPP.

Tercatat 124 ekor sapi dan kerbau yang diduga terjangkit PMK, itu berdasarkan gejala penyakit yang dialami oleh ratusan hewan ternak tersebut.

“Penyakit yang menyerang hewan ternak dengan gejala serangan virus PMK itu, kami langsung berkoordinasi ke Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,” kata dia.

Seperti yang dikutip SIGERMEDIA.COM dari MediaLampung.co.id, Dijelaskannya, dari 124 ekor sapi dan kerbau yang diduga terjangkit virus PMK itu, terdiri dari 50 ekor sapi dan 74 ekor kerbau, dan terdapat 14 ekor sapi serta 15 ekor kerbau dinyatakan sembuh.

“Pihak Balai Veteriner Provinsi Lampung telah mengambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan melalui laboratorium hasilnya enam ekor sapi dan kerbau yang dijadikan sampel positif terjangkit dan satu sampel negatif,” jelasnya

Ditambahkannya, berdasarkan hasil pemeriksaan dilapangan virus PMK itu masuk dari Provinsi Bengkulu, setelah ada peternak yang mendatangkan dua ekor kerbau ke wilayah kecamatan setempat.

“Ada dua ekor Kerbau dari wilayah Bengkulu yang masuk dan terjangkit virus PMK, sehingga menyebar ke hewan ternak Kerbau dan Sapi,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pengobatan pada seluruh kerbau dan sapi yang terjangkit PMK, jadi saat ini tinggal memantau perkembangan dan tingkat kesembuhannya.

Kita berharap peternak di Kecamatan Pesisir Utara dapat menerapkan proses peternakan yang baik, serta untuk sementara waktu tidak menjual atau membawa hewan ternak itu keluar dari Pesisir Utara,” pungkasnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News