Buruan Cek Sinyal TV Digital, TV Analog Siap Dimatikan

Cara Daftar Penerima Bantuan Set Top Box (STB) TV Digital Gratis dari Kominfo
Cara Daftar Penerima Bantuan Set Top Box (STB) TV Digital Gratis dari Kominfo

SIGERMEDIA.COM – Buruan Cek Sinyal , TV Analog Siap Dimatikan. Informasi mengenai layanan siaran tv analog yang berdasarkan peraturan pemerintah melalui bakal segera berakhir tahun ini.

Peralihan dari TV analog ke Digital memang telah dipersiapkan oleh Kominfo. Seperti yang dikutip SIGERMEDIA.COM dari InetDetik.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan tidak ada lagi jadwal per wilayah siaran, seperti yang pada tiga tahap sebelumnya. Kini cara peralihan dari siaran analog ke digital pakai cara multiple ASO.

Multiple ASO adalah penerapan penghentian siaran TV analog yang dilakukan secara terus-menerus sampai batas akhir migrasi penyiaran pada 2 November 2022.

Saat diberlakukan siaran TV digital di suatu wilayah, kini akan mengacu pada tiga hal utama. Pertama di wilayah tersebut terdapat siaran TV analog yang akan dihentikan siarannya.

Kedua,telah beroperasi siaran TV digital pada cakupan siaran TV analog sebagai penggantinya. Ketiga, sudah dilakukan pembagian bantuan set top box gratis TV digital bagi rumah tangga miskin di wilayah tersebut.

Kendati begitu, detikers bisa cek siaran TV digital di wilayah kalian dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV digital yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Adanya sinyal TV digital ini karena penyelenggara mux telah menggelar siaran simulcast, yang mana siaran analog dan digital dilakukan secara bersamaan.

Kominfo menyediakan aplikasi Sinyal TV digital ini untuk memudahkan masyarakat cek sinyal TV digital di wilayah sekitarnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News