Media Informasi Kekinian

Definisi Pengertian Rekomendasi Adalah

Definisi Pengertian Rekomendasi
Definisi Pengertian Rekomendasi

SIGERMEDIA.COM – Definisi Pengertian Rekomendasi Adalah, Menurut Ahli, KBBI. Tentunya kita sangat seringkali mendengar kata “Rekomendasi” yang secara umum menggambarkan tentang suatu petunjuk, ataupun saran, rujukan berdasarkan yang pernah dilakukan ataupun dirasakan.

Rekomendasi bisa dikatakan memberikan suatu informasi berdasarkan rujukan yang dapat dipercaya. Memang secara sekilas kata “Rekomendasi” lebih ke arah meminta suatu “saran” namun tetap terdapat pebedaan makna diantara kedua kata tersebut.

Pengertian Rekomendasi, Apa Itu Rekomendasi

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rekomendasi? Rekomendasi adalah istilah yang merujuk pada suatu saran atau anjuran dari seseorang terhadap orang lain.

Saran atau anjuran ini bisa berupa rekomendasi untuk melakukan sesuatu ataupun rekomendasi dalam menentukan pilihan. Istilah rekomendasi ini tidak jarang juga merujuk pada surat rekomendasi.

Apa nama lain atau Sinonim dari rekomendasi?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata rekomendasi adalah pertimbangan, alasan, estimasi, evaluasi, komentar. Sinonim adalah kata yang memiliki persamaan makna dengan kata lain. Daftar sinonim dapat ditemukan di Tesaurus.

Definisi Pengertian Rekomendasi
Definisi Pengertian Rekomendasi

Apa isi dari rekomendasi?

Rekomendasi adalah hal yang diberikan orang yang terpercaya dan berupa saran dan dapat diterima dan ditolak. Rekomendasi biasanya bersifat terpercaya dan bersifat cukup meyakinkan dibanding yang lain. Kata kerja untuk pemberian rekomendasi disebut merekomendasikan.

Apa perbedaan antara saran dan rekomendasi?

Saran: memberikan pendapat kepada orang lain tentang suatu hal, tetapi tidak harus diikuti (memperbaiki hal yang salah).. Rekomendasi: memberitahukan kepada orang lain bahwa sesuatu yang dapat dipercaya.

Pengertian Rekomendasi Menurut Ahli dan KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rekomendasi dapat diartikan sebagai hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya, baik (biasanya dengan surat), penyuguhan. Masih dalam rujukan yang sama, rekomendasi juga dapat dimaknai sebagai saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan).

Baca Juga : Definisi Pengertian Majas, Macam, Jenis dan Contoh

Selain menurut KBBI, beberapa ahli juga mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian rekomendasi. Luwis dan Harsini (2010) mengatakan bahwa rekomendasi adalah suatu bentuk komunikasi sekaligus promosi tidak langsung yang dilakukan oleh para konsumen yang sudah pernah membeli produk atau jasa yang kemudian menceritakan berbagai pengalamannya yang berkaitan dengan produk atau jasa tersebut kepada orang lain.

Sementara, Kotler dan Keller (2007) mengutarakan bahwa rekomendasi adalah suatu proses komunikasi atas produk atau jasa tertentu yang berguna untuk memberikan informasi secara personal. Contoh rekomendasi yang paling umum digunakan menurut Kotler dan Keller adalah word of mouth communication (WOM) atau rekomendasi dari mulut ke mulut.