SIGERMEDIA.COM – Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas, Pandangan dalam Islam, Aplikasi Terbaik untuk invesati Antam. Tempat Investasi Emas Terbaik di BRI Syariah, Pegadaian, dan Ajaib.

Tentu seperti yang diketahui, Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang kebal dari segala kondisi ekonomi terlebih inflasi. Bahkan dari sisi kestabilan harga, emas memiliki nilai yang lebih stabil dan kokoh. Emas bisa menjadi sarana lindung nilai (hedging) atas harta atau kekayaan yang dimiliki investor.

Keyword : investasi emas di pegadaian, cara investasi emas pemula, investasi emas antam, investasi emas terbaik, kerugian investasi emas antam, investasi emas online, investasi emas dalam islam, investasi emas di shopee, investasi emas di BNI Syariah, invest emas di Ajaib.co.id,

Bagi investor pemula, bisa memilih investasi di produk emas perhiasan, batangan, kontrak berjangka, dan perusahaan tambang emas.

Emas adalah bentuk investasi jangka panjang maka jangan terburu-buru untuk keberhasilan cara investasi bagi pemula

menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula?

Cara Investasi Bagi Pemula

Meskipun emas adalah salah satu bentuk mata uang paling awal di dunia, sekarang ada banyak cara investasi emas atau menyimpan logam mulia sebagai simpanan.

“Investor atau seseorang yang ingin berinvestasi, pertama-tama harus memutuskan mengapa mereka ingin memiliki emas. Apakah untuk dijual lagi atau diversifikasi portofolio atau aset?

Seperti yang dikutip SIGERMEDIA.COM dari CIMBNiaga.co.id, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan bagi pemula sebelum berinvestasi emas.

  • Pastikan Tujuan Investasi Emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Atau sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

  • Pantau Perkembangan Harga Emas Secara Berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Cara Investasi Emas Bagi Pemula
Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya.

Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. Itu cara investasi emas yang kedua.

  • Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya.

Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

  • Tempat Penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank.

Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing.

Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

Apa Saja Keuntungan Investasi Emas?

Nilai aset yang jarang mengalami perubahan, pembelian dan penjualan yang bisa dilakukan di mana saja, serta modal yang relatif terjangkau merupakan sebagian kemudahan yang bisa Anda rasakan ketika memiliki investasi emas, terutama untuk Anda yang baru ingin memulai investasi emas.

investasi emas
investasi emas

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berinvestasi emas antara lain :

· Nilai aset cenderung stabil
· Likuid alias mudah untuk dicairkan
· Tahan terhadap inflasi
· Melindungi nilai kekayaan
· Dapat diwariskan kepada orang lain
· Aman dari risiko geopolitik

Kapan Waktu yang Tepat Berinvestasi Emas?

Investasi emas banyak dinilai orang menguntungkan secara jangka panjang dan kurang cocok sebagai investasi jangka pendek seperti trading. Jika dijadikan investasi pendek, kemungkinan Anda akan kurang merasakan keuntungan investasi emas.

Lantas, kapan waktu yang tepat berinvestasi emas?

Waktu yang tepat investasi emas adalah saat Anda punya uang dalam jumlah yang cukup. Anda bisa menyisihkan Sebagian dari penghasilan Anda untuk membeli emas secara ‘ecer’ per gram atau membatasi anggaran misal Rp2 juta per bulan.

Dalam investasi emas, Anda sebaiknya tidak menunggu harga emas turun atau naik. Kenaikan harga emas secara signifikan biasanya terjadi dalam jangka waktu panjang. Anda disarankan investasi emas dalam jangka panjang antara 5 sampai 10 tahun.

Tempat Investasi Emas Terbaik

Meski demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus rutin dan konsisten menabung atau membeli emas agar memeroleh hasil yang maksimal dan stabil.

1. Pegadaian Digital
Pegadaian Digital menjadi platform pelopor investasi emas secara online dengan sebutan ‘menabung emas’. Aplikasi Pegadaian Digital bisa diunduh dengan mudah melalui smartphone Anda di Google Play Store. Biaya pembukaan rekening di aplikasi ini hanya Rp0 dan biaya penitipan emas juga Rp0 pada 1 tahun pertama, dengan pembelian saldo emas minimal sebesar Rp50.000.

2. Tokopedia Emas
Bekerja sama dengan PT Pegadaian yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tokopedia Emas terus memastikan investasi emas online tercatat dan tersimpan dengan baik.

Emas yang Anda investasikan akan dikonversi dalam bentuk emas fisik yang dititipkan kepada Pegadaian. Selain itu, Anda juga dapat menabung emas mulai dari Rp5.000 dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun.

3. Tabungan Emas Shopee
Melalui Tabungan Emas Shopee, Anda bisa menabung atau bahkan menjual emas dengan nominal mulai dari Rp500 saja. Tabungan emas Shopee sangat aman dan terpercaya karena sudah bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) Tbk, di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Go Investasi oleh Gojek
Melansir website resmi Gojek, produk investasi emas ini dikelola oleh PG Berjangka yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Di bawah Kementerian Perdagangan, berinvestasi emas di Go Investasi sudah lebih terjamin keamanannya.

5. BukaEmas oleh BukaLapak
BukaEmas adalah fitur transaksi jual atau beli emas secara elektronik dengan fasilitas penitipan dimana aktivitas perdagangan menjadi tanggung jawab pemilik dari PT Indogold Solusi Gadai.

Emas yang dijual dari Indogold yakni emas logam mulia dengan kadar kemurnian 99.99% yang sudah tersertifikasi dan dalam kegiatannya usahanya tersebut PT Indogold Solusi Gadai telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembelian dan penjualan keping emas disini disimpan di tempat yang aman di Brankas LM ANTAM.