Media Informasi Kekinian
Indeks

Tata Cara Doa Ziarah Kubur Lengkap, Ritual Jelang Ramadhan Hingga Lebaran

Tata Cara Doa Ziarah Kubur Lengkap, Ritual Jelang Ramadhan Hingga Lebaran
Tata Cara Doa Ziarah Kubur Lengkap, Ritual Jelang Ramadhan Hingga Lebaran

SIGERMEDIA.COM – Tata Cara Doa Ziarah Kubur Lengkap, Ritual Jelang Ramadhan Hingga Lebaran. Kumpulan Doa Ziara, Adab Tata Cara, Apa saja yang perlu dibaca, apa yang tidak boleh dilakukan ketika berziarah.

Baca Juga : Ustadz Abdul Somad : Ini Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan yang Bertahun-tahun

Melakukan kegiatan Ziarah kubur menjadi sebuah tradisi yang sangat lekat dengan masyarakat di tanah air terlebih saat menjelang Puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Lebaran.

Dengan bacaan ayat-ayat Alquran, rangkaian kalimat tahlil, tahmid, tasbih, sholawat dan lainnya yang peziarah kirim, akan mengalir pahala untuk mereka yang ada di kubur.

Baca Juga : Kumpulan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah dalam Islam

Hukum ziarah kubur ini adalah sunah, sebagaimana dalam hadis riwayat Ahmad, Muslim, dan Ashhabussunan dari Abdullah bin Buraidah bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya,

“Dahulu saya melarang menziarahi kubur, adapun sekarang berziarah ke sana, karena yang demikian itu akan mengingatkanmu akan hari akhirat.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Ashabus Sunan).

Seperti yang diketahui, dalam syariat Islam, ziarah kubur bukan hanyak sekadar menengok kubur atau mengetahui kondisi makam, tetapi juga mendoakan kepada sesama muslim yang dikubur.

Tata Cara, Adab Ziarah Kubur

1. Pertama, ketika memasuki area kubur atau makam, hendaknya mengucapkan salam.

“Assalamu’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.”

Artinya : Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

Baca Juga : Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun

2. Memakai pakaian yang baik dan sopan

Hal ini dilakukan karena peziarah akan berdoa kepada Allah dan sebagai bentuk menghargai orang dalam kubur.

3. Tidak duduk di atas kuburan

“janganlah kalian salat (berdoa) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya.” (HR. Muslim)

Doa Ziarah Kubur

1. Membaca Istighfar 7 kali

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.(7x)

Artinya : “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.”

2. Membaca Surat Al Fatihah sebanyak 3 kali

3. Membaca Surat Al Falaq sebanyak 3 kali

4. Membaca Surat An Nas sebanyak 3 kali

Baca Juga : 4 Amalan yang Dianjurkan Saat Isra Miraj

5. Membaca Surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali

6. Membaca Ayat Kursi sebanyak 3 kali

7. Membaca doa ziarah kubur

“Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.”

Baca Juga : Contoh Daftar Lomba Peringatan Maulid Nabi

Artinya: “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.”

Temukan Artikel Viral kami di Google News