SIGERMEDIA.COM – Simak Ini Besaran Bantuan Dana PIP Kemendikbud SD SMP SMA. Saat ini bantuan Program Indonesia Pintar kembali digulirkan yang berupa uang tunai sebagai upaya memberikan kesempatan kepada para siswa dalam hal biaya personal pendidikan dan perlengkapan sekolah untuk terus mendapatkan pendidikan.

Baca Juga : Cara Aktivasi Rekening PIP Kemdikbud Terbaru

Sebagai informasi PIP Program Indonesia Pintar merupakan salah satu bantuan tunai di sektor pendidikan yang ditujukan oleh para peserta didik dengan jenang dasar (SD) hingga menengah atas (SMA) sederajat baik itu formal maupun non formal dan termasuk dalam kategori keluarga miskin, rentan miskin.

Bantuan diberikan untuk penunjang kegiatan pendidikan, seperti membeli perlengkapan sekolah atau kursus, uang saku, biaya transportasi, biaya praktik tambahan, dan biaya uji kompetensi.

Baca Juga : Cek Nama Penerima PIP SD-SMA di pip.kemdikbud.go.id

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat.

Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Besaran Bantuan Dana PIP Kemendikbud SD SMP SMA

Besaran bantuan dana Kemendikbud 2021 sesuai jenjang pendidikan adalah sebagai berikut: