Jokowi Dicibir Usai Kenakan Baju Adat Lampung di HUT 76 RI

jokowi kenakan baju adat lampung

SIGERMEDIA.COM Dicibir Usai Kenakan Baju Adat Lampung di HUT 76 RI. Politikus Partai Demokrat, Andi Arief mencibir baju tradisi Lampung yang digunakan oleh Presiden di Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Cibiran itu dikatakan oleh Andi Arief lewat akun Twitter kepunyaannya @andiarief__.

Andi akui, sebagai masyarakat asli turunan Lampung dia senang melihat orang nomor satu di Indonesia itu kenakan pakaian tradisi asal tanah lahirnya.

“Pasti sebagai asli Lampung saya suka pakaian tradisi digunakan Presiden Jokowi ini hari,” kata Andi Arief seperti diambil Suara.com, Selasa (17/8/2021).

Walau akui senang, Andi koreksi pemakaian pakaian adat khas Lampung itu.

Menurut dia, pemakaian kain tapis sebagai selempang sama seperti yang dikenai oleh Jokowi tidak tepat.

Dia memandang, pemakaian kain tapis untuk lelaki bukan dijadikan selempang selendang.

“Walau ada revisi sedikit, sejauh yang saya tahu pemakaian kain tapis tidak dengan selempang selendang bila untuk lelaki,” ungkapkan Andi.

Perancang terkenal, Didiet Maulana mengutarakan arti baju tradisi Lampung yang digunakan oleh Jokowi pada hari bersejarah untuk Indonesia.

“Saya mengulas arti baju beliau sesudah berkomunikasi dengan ibu Riani Sari Arinal, Ketua Dekranasda Lampung,” cuit Didiet melalui akun miliknya @didietmaulana.

Pakaian tradisi yang dikenai oleh Jokowi namanya Lampung Pepadun. Warna pakaian dan celana putih jadi warna tertinggi dalam acara tradisi Lampung yang umum digunakan oleh Penyimbang atau pimpinan dalam tradisi.

Warna itu menyimbolkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran di kehidupan.

Sarung tumpal yang dikenai Jokowi bermotif Pucuk Rebung memvisualisasikan keagungan.

Adapun ikat kepalanya sebagai kikat atau Puyuh Meghem dengan hiasan batu kecubung. Batu itu sebagai icon batu di Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

“Ikat kepala ini pertanda pimpinan yang membuat perlindungan rakyatnya,” tutur Didiet.

Sementara itu, selendang yang digunakan Jokowi namanya Selendang Bujur Sangkar atau Khikar Akhir.

“Memiliki makna kewibawaan sebagai pimpinan. Ikat pinggang Bulu Serti, umumnya untuk menyelipkan Terapang alias kris sebagai aksesori,” katanya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News