Pemkab Lampung Tengah Hadirkan “Kampung Wisata Budaya Kreatif”

SIGERMEDIA.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah sedang menggodong kawasan terbaru yang berlokasi di Terbanggi Besar. Destinasi wisata tersebut merupakan “Kampung Wisata Budaya Kreatif” yang merupakan daerah yang memiliki nilai historis yang tinggi.

Hal tersebut turut disampaikan oleh Wakil Bupati Lampung Tengah, dr Ardito Wijaya usai meninjau Terbanggi Besar yang tengah disiapkan sebagai destinasi wisata. Saya dan Pak Bupati ingin mewujudkan Lampung Tengah sebagai kabupaten terbaik se-Provinsi Lampung. Salah satunya dengan mengembangkan Kampung Terbanggi Besar ini menjadi destinasi wisata budaya karena memiliki nilai dan peninggalan sejarah.

Dia mengatakan, di Kampung Terbanggi Besar banyak peninggalan sejarah yang berusia ratusan tahun. Salah satunya, jembatan buatan VOC Belanda, makam penyebar Islam pertama di Lampung, dan rumah adat Lampung yang berusia cukup lama.

Di sana juga ada kapal yang usianya sudah ratusan tahun. Terdapat pula benteng berupa gundukan tanah yang dijadikan tempat pelarian zaman Belanda. “Karena itu, kami ingin kembali mengangkat Kampung Terbanggi Besar ini sebagai kampung wisata,” ujarnya.

Pemerintah akan memberikan edukasi terlebih dahulu kepada masyarakat di kampung tersebut untuk ikut bersama-sama menggali dan mengembangkan potensi wisata. Ardito menyebut banyak potensi wisata di sini yang masih belum dimanfaatkan dengan baik.

“Karena itu, harus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggali dan mengembangkannya. Lalu pemerintah akan memberikan dukungan terkait apa yang akan diperlukan,” ujarnya.

Ardito mengatakan, dengan dikembangkannya Kampung Terbanggi Besar sebagai kampung wisata tentu akan meningkatkan perekonomian dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat. “Tentunya dengan kampung ini dikembangkan sebagai kampung wisata akan memberikan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran,” kata dia.

Kepala Kampung Terbanggi Besar, Haidir, menyebut masyarakat sangat mendukung Kampung Terbanggi Besar dikembangkan menjadi kampung wisata budaya kreatif. Pasalnya, banyak potensi wisata yang masih belum dikembangkan dengan baik.

“Sangat setuju dan sangat mendukung. Karena itu, banyak potensi wisata yang belum tergarap. Kemudian dengan ditunjuknya kampung ini sebagai kampung wisata, akan meningkatkan kesejahteraan warga,” ujarnya.

Haidir menyebut, selain sebagai yang memiliki nilai sejarah, potensi Kampung Terbanggi Besar banyak seperti kerajinan, kuliner dan lainnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News