SIGERMEDIA.COM – Negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menggelar pertemua secara virtual (16/5) yang dihadiri oleh 16 menteri dan wakil menteri negara-negara OKI. Pertemuan tersebut membahas agresi Israel di Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras tindakan yang dilakukan Israel. Indonesia mengusulkan beberapa langkah kunci yang harus dilakukan OKI.

Baca Juga: Terkait Kasus Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Direksi Kimia Farma Diagnostika

Pertama, memastikan bahwa negara-negara OKI bersatu untuk memberi dukungan kepada Palestina. Kedua, OKI harus segera mengupayakan terciptanya gencatan senjata.

“Saya menyerukan agar masing-masing negara OKI menggunakan pengaruhnya untuk mendorong gencatan senjata secepatnya dan semua tindakan kekerasan harus dihentikan.” Tegas Retno.

Ketiga, OKI harus tetap berfokus untuk membantu kemerdekaan Palestina. OKI harus mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel dengan tujuan mencapai perdamaian.

Baca Juga: Telah Mendapatkan Izin UEA, Vaksin Gotong-Royong Mulai Disuntikkan

“OKI harus lebih keras berupaya untuk mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel dan berpedoman pada parameter yang telah disetujui secara internasional, dengan tujuan mencapai perdamaian yang lestari berdasarkan solusi 2 negara.” Tandasnya.

Seperti yang diketahui, Israel terus menerus membombardir beberapa wilayah di Palestina. Hingga saat ini ketegangan tersebut masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Dunia Internasional terus berupaya untuk meredam ketegangan di wilayah tersebut.