SIGERMEDIA.COM – TNI Angkatan Darat mengirim pasukan elite mereka ke Papua untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Pasukan yang dikirim kali ini adalah Pasukan Setan dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan dari Batalyon Infantri (Yonif) 315/Garuda.

Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi, Kolonel Infanteri F.X. Sri Wellyanto mengatakan bahwa sebanyak 400 orang prajurit akan dikirim ke Papua.

“ya, sudah dipersiapkan Pasukan Setan 400 personel.” Ujar Wellyanto, pada Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Gubernur Papua Tolak KKB Dicap Teroris

Wellyanto mengatakan bahwa Pasukan Setan belum tiba di Papua. Keberangkatan pasukan tersebut masih menunggu instruksi dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Belum berangkat. Menunggu putusan dari Mabes TNI, langsung berangkat semua.” Katanya.

Sementara itu, Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TNPB OPM) merespon rencana TNI yang akan mengirim Pasukan Setan ke Papua.

TNPB OPM menyatakan bahwa pihaknya siap melawan pasukan elit TNI dengan majunya Pasukan Surgawi dan Pasukan TPNPB.

Baca Juga: Presiden PKS Minta Dukungan ke Prabowo Prihal RUU Perlindungan Tokoh Agama

“Pasukan Setan Indonesia silahkan datang ke Papua. Pasukan Bala Tentara Surgawi dan Pasukan TPNPB siap layani.” Ujar Jubir TNPB OPM, Sebby Sambom, pada Kamis (6/5/2021).

Sebby mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menyerah dan akan terus melakukan perlawanan hingga Papua Barat mendapat kemerdekaan.

“Sekalipun Indonesia kirim ribuan personel dengan persenjataan yang lengkap, tapi masukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat tidak akan menyerah kepada Pemerintah Kolonial Republik Indonesia.” Tegasnya.