SIGERMEDIA.COM – Setelah KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam akibat insiden 21 April yang lalu, kini Indonesia, terutama TNI Angkatan Laut hanya memiliki 4 unit kapal selam yang berfungsi dan siap digunakan.

Adapun empat kapal selam yang tersisa yaitu KRI Cakra-401, KRI Nagapasa-403, KRI Ardadeli-404, dan KRI Alugoro-405.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya Ahmadi Heri mengatakan bahwa salah satu dari keempat kapal selam masih melakukan perawatan dan overhaul. Sementara tiga unit kapal lainnya siap melaksanakan operasi.

“Kita sekarang ini sisa empat kapal selam. Satunya jenis Nanggala, yaitu KRI Cakra-401. Sekarang sedang overhaul. Kemudian tiga lagi saat ini kondisinya siap melaksanakan operasi.” Jelas Ahmadi, dalam konpers di Mabes AL, pada Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: KSAL: KRI Nanggala-402 Terbelah Menjadi 3 Bagian Di Kedalaman 838 Meter

Sementara itu, Asrena KSAL Laksamana Muda Muhammad Ali mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan audit dan investigasi bersama para pakar dan ahli kapal selam atas peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402.

“Kalau masalah audit, pastinya kita audit. Jadi kita akan investigasi semua. Tapi harus menghadirkan para pakar bukan para pengamat. Para ahli kapal selam dan ahli pembuat kapal selam.” Tutur Muhammad Ali.