SIGERMEDIA.COM – Kapal KRI Nanggala-402 akhirnya ditemukan di kedalaman 838 meter di perairan utara Bali. Kapal selam tersebut ditemukan pada pukul 9.04 WITA dan berhasil mendapatkan citra (gambar) yang dilakukan oleh kapal MV Swift Rescue milik Singapura.

Dalam citra visual tersebut diketahui kapal telah terbelah menjadi tiga bagian. Hal ini dibenarkan oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

“Ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala, jadi disana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian.” Ujar Yudo, dalam konpers, pada Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Meraba Kondisi Laut dan Tekanan di Kedalaman 800 Meter

Yudo menjelaskan bagian demi bagian kapal melalui citra yang berhasil tertangkap.

“Ini badan kapal, bagian buritan kapal. Ini lepas dari badan utamanya yang berbadan tekan.” Ujarnya sambil menunjukkan bagian kapal lewat gambar.

Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402, Laksamana Muda (Purn) Frans Wuwung menjelaskan bahwa kapal dapat terbelah karena sudah melewati batas maksimum kedalaman sehingga mendapatkan tekanan yang kuat sehingga membuat kapal menjadi retak dan pecah.

“Kapal KRI Nanggala-402 tenggelam dan terbelah karena melewati batas maksimum kedalaman. Melewati 300 sampai ke 700 meter itu sudah melewati batas operasional maksimum KRI Nanggala-402.” Jelas Frans.