SIGERMEDIA.COMKhasiat Manfaat Pisang Kepok Bagi Kesehatan Tubuh, Kepok untuk Darah Rendah, Asam Lambung, Sakit Magh, Pisang untuk Kesehatan jantung.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Pisang Kepok Kuning dan Putih

Jenis kepok adalah salah satu jenis pisang yang sering kita jumpai. Pada umumnya, seluruh jenis pisang banyak manfaatnya. Namun, sudahkah kamu tahu apa saja manfaat dari pisang kepok? Pisang yang sering jadi bahan olahan makanan ini ternyata kaya akan nutrisi.

Pisang yang berdaging tebal ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Berikut manfaat pisang kepok untuk kesehatan:

Baca Juga : Ini Dia Ciri Pisang Kepok yang Bagus Dikonsumsi

7 Manfaat Kepok

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C pada kepok cukup tinggi, hampir 40% untuk mencukupi kebutuhan harian. Sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi, dan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

2. Melancarkan pencernaan
Manfaat pisang kepok selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan, karena kandungan seratnya tinggi. Serat dapat mendorong gerakan usus, sehingga membantu mengatasi gejala sembelit, mengurangi iritasi lambung, serta masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga : Ragam Jenis Pisang Kepok

3. Melancarkan sirkulasi
Zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi pada pisang kepok bisa membantu memperlancar sirkulasi darah.

4. Meningkatkan metabolisme
Pisang jenis ini dipercaya mampu membantu fungsi sistem saraf. Karena sejumlah vitamin B berbeda terdapat dalam pisang kepok yang mampu membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga energi menjadi lebih banyak.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Pisang Ambon

5. Menurunkan risiko stroke
Risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis dapat diturunkan dengan mengonsumsi pisang kepok. Pisang kepok kaya akan kalium yang bisa mengurangi ketegangan dan penyempitan dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah mengalir lebih lancar.

Baca Juga : Bahaya Mengkonsumsi Pisang Ambon

6. Menangkal efek radikal bebas
Kandungan antioksidan sangat banyak pada pisang kepok. Kandungan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang bisa memicu beragam penyakit, seperti kanker serta penyakit degeneratif. Kandungan antioksidan tersebut juga mampu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker.

7. Mencegah anemia
Ketika seseorang kekurangan sel darah merah dinamakan dengan anemia, hal ini karena oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Anemia kerap kali tidak bergejala, tetapi jika dibiarkan, penyakit ini lama-lama dapat menimbulkan gejala berupa mudah lelah, lemas, hingga sulit konsentrasi.

Baca Juga : Ciri-Ciri Pisang Ambon

Demi mencegah anemia, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan folat, termasuk pisang kepok

Namun, ketika mengonsumsi pisang kepok timbul gejala tak biasa, seperti ruam, gatal, batuk, pusing, mual atau muntah, segera periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat untuk hal tersebut.

Editor – Devi Ari L