Ini Kelemahan Fitur AirDrop, Ekspos Email dan Nomer Ponsel Pengguna iPhone

SIGERMEDIA.COM – Ini Dia Kelemahan Fitur AirDrop, yang mampui mengekspos email dan nomer ponsel para pengguna iPhone. Hal tersebut turut diungkap oleh SEEMOO mengenai aplikasi berbagi file terpopuler seperti AirDrop.

Baca Juga : Free Fire Rilis Karakter Baru “Maro”

Secure Mobile Networking Lab (SEEMOO) telah melakukan penelitian bersama Cryptograpgy and Privacy Engineering Group yang difokuskan terhadap aplikasi berbagi file secara nirkabel melalui WiFi dan Bluetooth pada perangkat iOS dan MacOS.

Baca Juga : Benarkah Refresh Desktop Dapat Mempercepat Kinerja Laptop?

Hasil laporan yang didapat menyimpulkan jika ada celah keamanan terakit AirDrop, celah ini memungkinkan para peretas untuk mempelajari nomor telpon bahkan alamat email dari pengguna AirDrop terlebih pada perangkat iOS dan MacOS.

Baca Juga : Peduli Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Pemuda Asal Pontianak Luncurkan Aplikasi Belajar Al-Qur’an

Seperti yang dikutip SIGERMEDIA dari InetDetik, Peneliti menyampaikan, masalah yang ditemukan berakar pada penggunaan fungsi hash oleh Apple untuk ‘mengaburkan’ nomor telepon dan alamat email yang dipertukarkan selama proses penemuan. Namun, hashing gagal memberikan penemuan kontak yang menjaga privasi. Nilai hash dapat dibalik menggunakan teknik sederhana seperti serangan brute force.

Baca Juga : Mengenal SINAR, Aplikasi Android untuk Membuat dan Memperpanjang SIM dari Polri

Melansir laman resmi, tim peneliti mengklaim telah mengembangkan ‘PrivateDrop” untuk menggantikan AirDrop. PrivateDrop didasarkan pada protokol persimpangan set pribadi kriptografi yang dioptimalkan, yang dapat melakukan proses penemuan kontak dengan aman antara dua pengguna tanpa bertukar hash yang rentan.

Baca Juga : Yahoo Answers Akan Tutup Permanen, Ini Alasannya

“Penerapan PrivateDrop iOS/ macOS para peneliti menunjukkan bahwa itu cukup efisien untuk mempertahankan pengalaman pengguna teladan AirDrop dengan penundaan otentikasi jauh di bawah satu detik,” kata mereka.

Diperkirakan ada lebih dari 1,5 miliar perangkat Apple yang beredar. Artinya mereka masih rentan terhadap serangan privasi dari AirDrop.

Baca Juga : 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Q1 2021, TikTok Menduduki Posisi Pertama

“Pengguna hanya dapat melindungi diri mereka sendiri dengan menonaktifkan penemuan AirDrop di pengaturan sistem dan dengan menahan diri untuk tidak membuka menu berbagi,” ujar para peneliti.

Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News