TNI Temukan Puing-Puing Kapal yang Diduga Merupakan Puing KRI Nanggala-402

SIGERMEDIA.COM – Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) akhirnya mulai menemui titik terang. Sejumlah puing-puing yang ditemukan disekitar lokasi kejadian yang diduga kuat merupakan puing-puing milik KRI Nanggala-402.

Puing-puing tersebut telah dipastikan keotentikannya berdasarkan para ahli dan juga mantan awak yang pernah menjadi personel kapal selam Nanggala-402.

Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Sabtu (24/4/2021).

“Dengan adanya bukti otentik ini, kita isyaratkan ditingkatkan ke fase untuk evakuasi medis.” Ujar Yudo.

Barang-barang yang ditemukan dan ditampilkan dalam jumpa pers diantaranya bahan bakar solar, pelumas yang selalu dibawa awak kapal, dan bagian torpedo.

Baca Juga: Sudah Lebih dari 72 Jam, KRI Nanggala-402 Belum Kunjung Ditemukan

Menurutnya, barang-barang yang ditemukan tersebut bukanlah barang milik umum, sehingga dapat dikatakan otentik sesuai dengan barang-barang yang memang dimiliki oleh kapal Nanggala-402.

“Barang ini tidak dimiliki umum dan tidak ada kapal lain yang lewat disekitar lokasi. Saksi dari komunitas kapal selam dan juga mantan awak kapal selam.” Jelas Yudo.

Yudo mengatakan bahwa saat ini pencarian dan penyelamatan terus diintensifkan, melibatkan 16 KRI serta bantuan dari negara-negara lainnya. Ia mengatakan bahwa posisi kapal diduga berada pada kedalaman sekitar 850 M dibawah permukaan laut yang memiliki resiko dan kesulitan tinggi.

“Kedalaman mencapai 850 meter. Sangat memiliki kesulitan yang tinggi. Namun akan kita tetap jalankan proses evakuasi dibantu dengan kapal-kapal yang memang memiliki kemampuan khusus.” Tandasnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News