SIGERMEDIA.COM – Ciri Ciri Kepok yang Bagus dan Layak Dikonsumsi. Pisang kepok adalah jenis olahan, tidak banyak orang yang mengkonsumsinya secara langsung.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Pisang Kepok Kuning dan Putih

Namun, sudahkah kamu mengetahui lebih jauh tentang pisang kepok yang sering dijumpai pada keripik atau pada pedagang gorengan ini?

Ciri Ciri Kepok

Berikut ini hal yang perlu kamu diketahui dari kepok:

– Pertama
Terdapat dua jenis pisang kepok yakni pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Pada pisang kepok putih berbentuk lebih kecil dengan kulit tipis, isinya empuk, tapi kurang enak.

Baca Juga : Ragam Jenis Pisang Kepok

Sedangkan pada pisang kepok kuning atau biasa disebut merah ukurannya lebih besar, kulit ebih tebal, isinya lebih padat, dan tentu rasanya lebih enak. Karena biasanya banyak diolah sebagai pisang goreng atau keripik pisang.

– Kedua
Kandungan nutrisi pada setiap satu buah pisang kepok mengandung 11mg kalsium, 35mg fosfor, 1mg zat besi, 503mg potassium, 260IU vitamin A, 1mg niasin, serta 14mg vitamin C.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Pisang Ambon

– Ketiga
Pisang kepok mengandung Khom dan insulin yang berfungsi untuk metabolisme karbhohidrat yang dapat memfasilitasi masuknya glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Jika tubuh kekurangan Khrom dapat terjadi gangguan toleransi glukosa.

Baca Juga : Bahaya Mengkonsumsi Pisang Ambon

– Keempat
Pisang kepok yang baik memiliki ciri berbentuk padat, besar, dan bila diangkat lebih berat. Supaya pisang tidak cepat matang dan lebih tahan lama, bisa kamu bungkus dengan plastik lalu simpan di lemari es.

Baca Juga : Ciri-Ciri Pisang Ambon

– Kelima
Jika pisang matang karena disemprot, warnanya akan kuning merata dalam satu sisir. Namun, jika pisang matang di pohon, warna kuningnya tidak akan merata (sebagian kuning dan sebagian lainnya masih berwarna hijau).

Editor – Devi Ari L