SIGERMEDIA.COM – Samsung saat ini tengah menikmati kembali puncak kejayaan pada top rank global penjualan hp android setelah sebelumnya posisi raja smartphone android sempat tergeser. Ya berkat beberapa seri terbarunya yakni Samsung Galaxy Note 20 dan Keluarga Galaxy A Series, penjualan ponsel android besutan vendor asal Korea Selatan tersebut langsung melejit.
Huawei yang sebelumnya berada di posisi puncak tergeser menjadi runner-up. Pangsa pasar mereka tergerus dari 20% pada Q2 2020 menjadi 14% pada Q3 2020. Kendati belum masuk lima besar pasar ponsel global, pengiriman Realme tumbuh 132% QoQ.
Counterpoint menilai Realme menjadi merek tercepat pertumbuhannya di dunia, mencapai 50 juta pengiriman sejak kehadirannya. Pencapaian tersebut melampaui pemain top global, seperti Samsung, Apple, Huawei dan Xiaomi.
Xiaomi tumbuh 75% QoQ sehingga menguasai 13% market share. Keberhasilan ini mampu mengeser Apple ke posisi empat. Perusahaan besutan Lei Jun ini mengalami pertumbuhan yang sangat baik di kampung halamannya berkat serangkaian kampanye dan promosi selama perayaan 10 tahun pada Agustus lalu.
Selain itu HP Xiaomi mampu tampil gemilang di pasar barunya LATAM, Eropa dan MEA. Bisnis mereka di Asia Tenggara pun berkinerja baik terutama di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina dan Vietnam.
Sedikit menyinggung Apple, raksasa asal Cupertino ini mengalami penurunan 7% YoY di Q3 2020 karena mereka menunda peluncuran iPhone tahunannya dari Q3 ke Q4. Kemungkinan besar kinerja Apple akan bangkit kembali pada Q4 2020 dengan peluncuran seri iPhone 12 yang didukung 5G.