SIGERMEDIA.COM – Pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir) pada belanja online yang akan diselenggarakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak konsumsi masyarakat ditengah perbaikan kondisi ekonomi selama pandemi Covid-19.

Pemerintah akan memberikan subsidi ongkir sebesar 500 milyar untuk belanja online produk dalam negeri yang akan diselenggarakan pada H-10 dan H-5 Lebaran. Sri Mulyani berharap program tersebut dapat menstimulus peningkatan konsumsi masyarakat.

“Kami akan mendorong sisi konsumsi supaya permintaan mulai muncul.” Kata Sri Mulyani, dalam acara Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional, pada Jum’at (9/4/2021).

Baca Juga: THR Harus Dibayar Penuh, Para Buruh Minta Kemnaker Tegas

Sri Mulyani mengatakan bahwa program subsidi ongkir tersebut merupakan titik tengah dari penyelesaian dalam mendorong aktivitas ekonomi, tetapi tanpa meningkatkan resiko Covid-19.

“Saya kemarin bilang ke Sandiaga Uno, ada program Bangga Buatan Indonesia dari hari belanja online juga. Kami ingin dorong aktivitas masyarakat tapi tidak ingin Covid-19 meningkat, jadi ini titik tengahnya.” Ujar Sri Mulyani.

Dalam program subsidi ongkir untuk belanja online tersebut, pemerintah akan bekerjasama dengan asosiasi, platform digital, pelaku UMKM, produsen lokal, dan para pelaku logistik lokal untuk mensukseskan program tersebut.