SIGERMEDIA.COM – Bandara Pekon Serai yang berada di Pesisir Barat telah resmi berganti nama menjadi Bandara Muhammad Taufiq Kiemas. Penggantian nama tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KP.811/2016. Peresmian dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, pada Sabtu (10/4/2021).

Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan bahwa perubahan nama bandara menjadi Bandara Taufiq Kiemas tersebut diharapkan kedepannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Pantai Barat Pulau Sumatera.

“Bandara ini akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan ke kawasan pantai Tanjung Setia yang selama ini menjadi tujuan wisata para peselancar dan wisatawan asing, selain dari alasan utama pemerintah membangun bandara yaitu sebagai bandara mitigasi bencana alam.” Tutur Novie, dalam siaran pers, pada Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Bandar Lampung 2021

Ia menjelaskan bahwa Bandara Taufiq Kiemas telah melayani penerbangan rute -Pesisir Barat dengan frekuensi 3x seminggu dan dilayani oleh maskapai Wings Air. Dalam waktu dekat bandara tersebut akan dilayani oleh penerbangan perintis dengan rute Taufiq Kiemas (Krui) – Bengkulu (PP) dan Krui – Radin Inten II Lampung masing-masing 2x seminggu.

Menurutnya, bandara tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Pesisir Barat. Karena jika melalui jalur darat akan memakan waktu yang jauh lebih lama.

“Kehadiran bandara ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Pesisir Barat, yang tadinya dari Lampung menuju ke Krui melalui jalur dara membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam, dan dari Bengkulu membutuhkan waktu 7 jam, maka melalui penerbangan hanya membutuhkan waktu 40 menit.” Tandasnya.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Tiadakan Pasar Murah Ramadhan

Untuk meningkatkan kinerja operasionalnya, bandara tersebut nantinya akan dilakukan perluasan terminal dan penambahan fasilitas lainnya seperti pengembangan area parkir kendaraan dan perpanjangan runway menjadi 1.400 meter x 30 meter, sehingga pesawat berbadan luas dapat dilayani di bandara ini.

Novie mengucapkan terimakasih kepada pemerintah serta sejumlah kementerian dan lembaga yang terkait atas lancarnya perencanaan program hingga pengoperasian Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemprov, Pemda, Kementerian/Lembaga terkait atas sinergi dalam perencanaan program hingga Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas dapat beroperasi dengan lancar.” Ucapnya.