SIGERMEDIA.COM – Pemerintah akan berikan subsidi ongkir belanja online jelang lebaran nanti. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong konsumsi masyarakat jelang lebaran. Pemerintah akan siapkan anggaran 500 milyar untuk mensukseskan subsidi ongkos kirim pada belanja online.

Rencananya, pemberian subsidi melalui program hari belanja nasional tersebut akan dilakukan pada 10 hari dan 5 hari jelang hari raya Idhul Fitri.

“Pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim sehingga pemerintah menyiapkan 500 milyar.” Ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, melalui konpers, pada Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Pelabuhan Merak-Bakauheni Tak Layani Penyeberangan Orang Pada 6-17 Mei

Program belanja nasional melalui sejumlah platform online tersebut akan diberlakukan untuk produk-produk dalam negeri. Harapannya akan mendorong konsumsi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Mendorong hari belanja nasional H-10 dan H-5 melalui online ditujukan untuk produk nasional.” Ungkapnya.

“Tentu harapannya Produk Domestik Bruto (PDB) di kuartal II bisa tumbuh positif.” Katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendorong sektor swasta untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya bagi para pekerjanya.

Baca Juga: Putar Musik Ber-Hak Cipta di Cafe atau Restoran, Kini Harus Bayar Royalti

“Ini tadi disampaikan bahwa sudah waktunya swasta memberikan THR karena berbagai kegiatan sudah diberikan.” Tandasnya.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (Bansos) berupa beras 10 Kg dan percepatan penyaluran program keluarga harapan (PKH). Bantuan tersebut nantinya akan diberkan kepada 20 juta penerima manfaat.