SIGERMEDIA.COM – Tips Cegah Ledakan Tabung Gas. Penggunaan gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) memang praktis, tetapi di sisi lain terdapat bahaya yang mengancam para penggunanya. Ledakan gas ini bisa mengakibatkan api besar dan bisa melahap apapun yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : Daftar Biaya Haji Tahun Ini

Ledakan gas LPG bermula dari kebocoran tabung gas. Bocornya gas dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari selang dan keran penutup yang tidak tertutup rapat, atau perlengkapan yang tidak memenuhi standar SNI.

Terdapat tanda-tanda yang akan muncul ketika tabung mengalami kebocoran, berikut tanda tabung gas LPG yang bocor menurut Parenting Firtscry, Rabu (25/11/2020):

Baca Juga : Daftar Harga HP Asus

Tips Cegah Ledakan Tabung Gas

1. Bau
Pelepasan sejumlah besar gas secara tiba-tiba menciptakan awan putih berkabut di ruang sekitar kebocoran, dan menyebabkan Bau semacam bau belerang yang merupakan tanda paling utama pada kebocoran gas.

Baca Juga : 12 Tips Cara Menghemat Penggunaan Gas LPG

Jika sudah terdapat awan putih ini, hindari jalan ke arahnya karena akan membahayakan.

2. Suara mendesis
Suara mendesis yang pelan atau bisa dirasakan dengan tangan Anda saat mengusap selang ini bisa berarti pecahnya selang kecil.

Jika hal tersebut terjadi, tutup katup regulator pada tabung gas supaya dapat menghentikan kebocoran.

3. Nyala api tidak biru
Api yang berwarna biru tajam berarti pembakaran kompor berfungsi dengan baik. Nyala api biru merupakan indikator bahwa rentang gas memiliki aliran gas dan oksigen yang tepat.

Jika nyala api di kompor berwarna kuning atau oranye merupakan gejala campuran udara dan gas yang salah sehingga menunjukkan potensi kebocoran.

Baca Juga : Ini Dia Jenis Sayur dan Buah yang Mengandung Pestisida

Hal yang perlu diingat adalah ketika melihat nyala api kuning atau oranye segera hentikan pemakaian dan servis untuk mengurangi risiko terjadi ledakan.

4. Boros
Ketika tabung kompor gas Anda mengalami kebocoran, biasanya akan cepat habis dan menambah pengeluaran.

Jika mengalami hal demikian, Anda disarankan untuk coba memeriksa keadaan selang beserta perlengkapan lainnya.

Yuk lebih teliti lagi dalam penggunaan gas LPG, supaya dapat meminimalisir meledaknya tabung gas. Karena ledakan gas selalu menyebabkan korban.

Editor – Devi Ari L