Media Informasi Kekinian

12 Tips Cara Menghemat Penggunaan Gas LPG

SIGERMEDIA.COM – 12 Tips Cara Menghemat Penggunaan Gas LPG. Pada zaman sekarang ini sudah banyak ibu rumah tangga yang memasak beralih menggunakan gas Liquefied Petroleum Gas (LPG), kayu bakar sudah jarang digunakan lagi. Karena gas LPG dirasa lebih praktis, tidak menimbulkan asap ketika memasak dengan kayu bakar.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Susu UHT dan Susu Pasteurisasi

Nahasnya, disamping kepraktisan gas LPG, semakin lama semakin melonjak harganya. Maka dari itu, sangat sayang jika gas terbuang sia-sia. Para ibu rumah tangga dianjurkan untuk bisa lebih cermat dalam penggunaanya.

Berikut tips menghemat penggunaan gas LPG yang dapat kamu terapkan di rumah:

Tips Cara Menghemat Penggunaan Gas LPG

1. Periksa kebocoran
Kebocoran kecil sering kali luput dari perhatian yang akan menyebabkan borosnya gas. Kebocoran kecil tersebut dapat diperiksa pada pipa, burner LPG, dan regulator.

Pastikan semuanya aman tidak ada kebocoran gas yang terbuang sia-sia dari segala macam sambungan dari tabung gas ke kompor.

2. Jangan memasak terlalu matang
Ketika memasak jangan terlalu matang, karena hal ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa gas elpiji jadi terbuang percuma di setiap rumah tangga.

Perhatikanlah waktu saat memasak dan periksa apakah semua bahan perlu dimasak. Gunakan microwave untuk memanaskan, jika perlu, sebagai pengganti gas di tabung LPG.

Bisa juga tambahkan salad dan buah-buahan ke dalam makananmu karena ini tidak perlu dimasak. Nilai plusnya, kamu akan makan jauh lebih sehat dengan cara itu.

3. Gunakan tutup panci
Penggunaan tutup panci dapat lebih cepat membuat masakan matang. Karena dengan penutup akan memastikan api mencapai sisi-sisinya, sehingga memasak lebih efisien. Selain itu, ia memerangkap uap dan mempercepat proses memasak.

4. Gunakan termos air
Jika sebagian besar hidanganmu membutuhkan air untuk direbus sebelum dimasak, pertimbangkan untuk menggunakan termos air.

5. Gunakan api kecil saat memasak
Penggunaan api besar diketahui dapat membunuh enzim, nutrisi, dan vitamin yang bermanfaat dalam makananmu. Memasak dengan api kecil lain kali dan biarkan wajanmu mendidih setelah panas.

6. Ukur apa yang kamu masak
Kebanyakan orang tidak mengukur bahan masakannya sebelum dimasak. Akhirnya menggunakan terlalu banyak air atau terlalu sedikit bahan yang membuat mereka membuang gas.

Jangan menjadi salah satu dari mereka dan ukur dengan cermat proporsinya berdasarkan resep sebelum kamu mulai memasak.

7. Gunakan panci presto
Uap bertekanan tinggi ketika memasak makanan lebih cepat matang. Gunakan panci presto untuk mempercepat proses memasak. Ketika kamu selesai memasak, simpan sisa makanan dalam wadah terisolasi agar tetap segar lebih lama dan untuk mencegah pemanasan berulang lebih sering.

8. Bersihkan tungku kompor gas
Ketika nyala api yang keluar dari tungku terlihat oranye, kuning, atau tidak terlalu seragam, mungkin ada beberapa deposit karbon di atasnya.

Cobalah lihat dan bersihkan. Melalui cara ini kamu akan menghemat lebih banyak bahan bakar.

9. Siapkan semua bahan
Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk menyalakan gas dan kemudian pergi berburu bahan-bahan di tengah sesi memasak mereka.

Hal ini tidak hanya membuang-buang waktu, tetapi juga membuang-buang gas. Pastikan semuanya sudah disisihkan dan siap.

10. Gunakan peralatan memasak yang sesuai banyaknya masakan
Tidak ada gunanya menggunakan peralatan masak yang lebih besar atau panci dan wajan besar untuk memasak makanan dalam porsi kecil.

Pastikan untuk menyesuaikan ukuran resep atau porsimu dengan peralatan masakmu karena peralatan masak yang lebih besar membutuhkan lebih banyak LPG untuk memanaskannya.

11. Pastikan wadah memasak kering
Pastikan wadah memasak seperti panci, wajan, penggorengan dan lain sebagainya sudah kering sebelum diletakkan di atas kompor. Jika belum, maka kamu perlu menyekanya sampai kering.

Peralatan yang memiliki tetesan air kecil di dalamnya mengonsumsi lebih banyak gas untuk menguapkan air.

12. Rendam makananmu
Kamu bisa merendam bahan-bahan seperti biji-bijian, ketan hitam, dan kacang-kacangan sebelum memasaknya.

Perendaman membuka kunci nutrisi yang tersimpan dalam makanan tersebut dan juga mempercepat proses memasak dengan mengurangi waktu memasak.

Nah mudah bukan caranya, semoga bisa menghemat pengeluaran gas LPG kamu ya!

Editor – Devi Ari L