Media Informasi Kekinian

Apa Itu Fitur NFC pada Smartphone?

Apa Itu Fitur NFC pada Smartphone
Apa Itu Fitur NFC pada Smartphone

SIGERMEDIA.COM – Pengertian Apa itu Fitur NFC pada Smartphone. Beberapa tahun terakhir, berbagai tipe smartphone mulai menanamkan fitur NFC pada produk mereka. Sayangnya para pengguna masih banyak yang belum mengetahui apa kegunaan fitur NFC tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Android Terbaik

Perlu diketahui, NFC merupakan kependekan dari Near-Field Communication atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia disebut dengan protokol komunikasi jarak dekat.

NFC berfungsi untuk mengirim file dari perangkat satu ke perangkat yang lain. Pengguna smartphone yang memiliki fitur ini dapat mengirim file hanya dengan mendekatkan perangkat satu dengan yang lain yang juga mendukung teknologi NFC.

Baca Juga : Tips Merawat Baterai Ponsel Agar Awet dan Tahan Lama

Kemudian, fitur NFC dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital. Caranya cukup mudah, yakni dengan mendekatkan perangkat anda ke alat transaksi tertentu. Perlu diketahui bahwa NFC beroperasi dalam radius tidak lebih dari 10 cm.

Tak hanya itu, fitur NFC dapat juga digunakan untuk cek saldo maupun mengisi saldo kartu elektronik seperti e-toll.

Baca Juga : Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Prinsip cara kerja NFC serupa dengan Bluetooth, Wifi maupun perangkat lain yang menggunakan gelombang radio. Pada NFC, teknologi yang digunakan yaitu Radio-Frequency Identification yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi.

Perlu diketahui bahwa NFC tidak bisa mengisi daya antar perangkat, namun teknologi power sharing tersebut menggunakan prinsip teknologi yang mirip dengan NFC.

Baca Juga : Daftar Ponsel 5G Terbaik

Apakah jika sudah ada Bluetooth tidak perlu NFC? Tak bisa dipungkiri, meskipun keduanya sama-sama fitur untuk mengirimkan data melalui gelombang radio, namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki NFC.

Dari sisi konsumsi daya, NFC mengkonsumsi daya lebih sedikit ketimbang Bluetooth. Meskipun dari sisi kecepatan, Bluetooth masih juara.

Baca Juga : 10 Tips Mengurangi Efek Radiasi Yang Ditimbulkan Ponsel

Kemudian keunggulan lain yaitu kecepatan koneksi antar perangkat. NFC membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk menghubungkan antar peragkat.

Namun sayangnya, tidak semua smartphone memiliki fitur NFC. Smartphone kelas menengah-bawah biasanya belum mendukung teknologi NFC.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L