Media Informasi Kekinian

Menag Minta Sekenario Haji 2021 Harus Sedetail Mungkin Demi Keselamatan

SIGERMEDIA.COM – Menteri Agama, Yaqut Cholil meminta kepada jajarannya agar mempersiapkan skenario penyelenggaraan haji ditengah pandemi Covid-19 sedetail mungkin. Karena hal tersebut akan menyangkut pada keselamatan calon jemaah haji.

Baca Juga : Jokowi Keluarkan Aturan Mengenai Transplantasi Organ dan Jaringan Tubuh

“Siapkan secara detail. Saya harap pelaksanaan haji benar-benar detail persiapannya. Jangan ada yang terlewat sedikitpun. Karena terkait keselamatan jamaah. Demi keselamatan jemaah, siapkan haji sedetail mungkin.” Kata Menteri Agama, Yaqut Cholil, dalam keterangan tertulis, pada Selasa (30/3/2021).

Baca Juga : Mabes Polri Diserang Teroris, DPR Sebut Sebagai Sinyal Kewaspadaan

Yaqut mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memang telah mengubah banyak sekali tatanan kehidupan. Menurutnya, perubahan itu ada pada pembatasan dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan keagamaan yang bersifat massal seperti haji dan umrah.

Baca Juga : Sri Mulyani: Anggaran Vakinasi Covid-19 Capai 130 Triliun

Sejak tahun lalu, pembatasan juga sudah dilakukan dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Maka Yaqut mengatakan itu dapat menjadi pelajaran dalam persiapan apabila tahun ini ibadah haji dibuka.

“Itu bisa menjadi pelajaran dalam persiapan, apabila haji dibuka tahun ini.” Tandasnya.

Baca Juga : Satgas Cegah Penularan Covid-19 dengan 4 Jurus Selama Ramadhan

Menag juga meminta mental jemaah juga dipersiapkan sejak awal. Hal ini dikarenakan adanya perubahan skema penyelenggaraan haji ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Jangan sampai beda-beda pemahaman. Tugas berat Pak Dirjen, selain menyiapkan mitigasi, juga menata pemahaman. Selamat bermuzakarah. Saya harap ada rumusan solusi atas setiap potensi masalah yang ada.” Ujar Yaqut.

Baca Juga : Aktivitas Tambang Natar Diminta Warga Dihentikan

Namun hingga saat ini, diketahui Otoritas Kerajaan Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah akan membuka penyelenggaraan Haji pada 2021 atau tidak. Jikalau otoritas Arab membuka ibadah haji, bagaimana aturan dan syaratnya belum diketahui secara pasti hingga saat ini.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L