Media Informasi Kekinian

Kilang Minyak Milik Pertamina di Balongan Meledak, Diduga Karena Tersambar Petir

SIGERMEDIA.COM – Kilang minyak milik PT Pertamina yang berada di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat meledak sekitar pukul 00.45 dini hari, pada Senin (29/3/2021).

Ledakan tersebut diduga karena tersambar petir. Hal tersebut diungkapkan oleh Corsec Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, Ifky Sukarya.

Baca Juga : Hacker Dikabarkan Bobol dan Bocorkan Data Internal Milik Pertamina

“RU IV Balongan terbakar pada pukul 00.45 WIB dan pada saat itu sedang hujan besar dan diduga ada petir.” Ucap Ifky, dikutip dari Tribunnews, pada Senin (29/3/2021).

Bareskrim Polri melalui Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) diturunkan ke TKP untuk mencari penyebab ledakan kilang minyak tersebut, meskipun sejauh ini dugaan sementara akibat tersambar petir.

Baca Juga : Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar

“Ini nanti kita selidiki dengan pihak Pertamina, apakah ada kebocoran di salah satu kilang minyak, apakah dari petir, nanti diselidiki.” Ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A Chaniago, Senin (29/3/2021).

Ia mengatakan bahwa polisi akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) setelah proses pemadaman dan pendinginan selesai dilakukan.

Baca Juga : Dua Laga Pamungkas Bertanding, Berikut Jadwal Pertandingan Piala Menpora Hari Ini

“Kita berharap dari pihak Pertamina kan sekarang sedang bekerja, pendinginan. Nanti setelah padam semuanya dan tidak ada potensi-potensi menyebar api dilakukan oleh TKP.” Ujar Erdi.

Atas kejadian ini, Pertamina pastikan pasokan BBM tidak terganggu. Hal ini disampaikan oleh Ifky Sukarya. “Untuk pasokan kami memiliki prosedur penanganan darurat. Jadi kami berkoordinasi dengan teman-teman Marketing Operation Regional 3.” Terangnya.

Baca Juga : Pertemuan Prabowo dengan Menham Jepang Membahas Isu Keamanan serta Kerja Sama Pertahanan

“Adanya insiden ini, kami memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.” Lanjut Ifky, selaku Corsec Subholding Refining & Petrochemical Pertamina.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L