Hacker Dikabarkan Bobol dan Bocorkan Data Internal Milik Pertamina

SIGERMEDIA.COM – Sekelompok peretas yang menamakan dirinya RansomEXX dikabarkan telah membobol data internal milik dan membocorkannya ke situs dark web. Kabar tersebut diketahui berasal dari akun Twitter Dark Tracer yang diketahui merupakan akun intelejen dan investigasi dark web.

Baca Juga : Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar

“Kelompok hacker RansomEXX mengklaim telah meretas perusahaan gas dan minyak bumi milik negara Indonesia dan membocorkan data internal ke situs dark web.” Tulis @Darktracer_int dalam kicauannya di Twitter, pada Selasa (23/3/2021).

Baca Juga : SE Perihal Larangan Mudik 2021 akan Terbit Pekan Depan

Twit tersebut kemudian dikicaukan ulang dengan gambar tangkapan layar dari situs dark web yang memuat teaser data yang diduga milik pertamina. Dalam tangkapan layar tersebut diketauhi bahwa data dipublikasikan pada 19 Maret dengan ukuran file 430,6 Mb.

Baca Juga : Dua Laga Pamungkas Bertanding, Berikut Jadwal Pertandingan Piala Menpora Hari Ini

Konsultan dan peneliti keamanan siber, Teguh Aprianto angkat bicara mengenai hal tersebut setelah dirinya memeriksa temuan Dark Tracer tersebut. Ia mengatakan bahwa memang ada beberapa data internal yang terkait dengan Pertamina. Menurutnya, data Pertamina yang bocor berupa data internal dan 91 ribu data customer.

Baca Juga : Pertemuan Prabowo dengan Menham Jepang Membahas Isu Keamanan serta Kerja Sama Pertahanan

“saat ini yang baru dirilis hanya part 1 (430 MB). Data yang bocor bersumber dari repo private milik Pertamina. Data yang bocor yaitu dokumen internal dan 91 ribu data customer Pertamina.” Tulis Teguh Aprianto dalam cuitan akun Twitternya @secgron, pada Kamis (25/3/2021).

Baca Juga : 13 Imbauan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 2021 dari Muhammadiyah

“URL reponya juga memang mengarah ke website Pertamina yang sudah tidak dapat diakses.” Pungkasnya, dikutip dari Kompas, pada Senin (29/3/2021).

Meskipun begitu, saat ini PT Pertamina masih belum memberikan klarifikasi mengenai kabar tersebut.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News