Media Informasi Kekinian

Wapres Ma’ruf Amin Minta Penyelesaian Bank Muamalat Tidak Berlarut Larut

SIGERMEDIA.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui Juru Bicaranya, Masduki Baidlowi mengatakan bahwa penyelesaian masalah Bank Muamalat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tak perlu berlarut-larut.

Baca Juga : Bupati Lampung Timur Tandatangani Kerjasama dengan ChildFund International Indonesia

“Wapres mencoba melakukan hubungan dengan berbagai instansi pemerintah dalam hal ini OJK dan pihak Bank Muamalat. Bisa enggak segera diselesaikan agar tidak berlarut-larut.” Ujar Masduki, pada Rabu (23/3/2021).

Baca Juga : Baca Juga : Musrenbang RKPD Lamteng 2022, Wagub Lampung Ingin Program Pertanian Bersinergi dengan Kartu Petani

Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Bank Muamalat boleh sakit namun tidak boleh mati. Sehingga harapannya Bank tersebut dapat segera diselamatkan dan diselesaikan.

Baca Juga : Kasus Korupsi Pengadaan Benih Jagung, Kejati Lampung Telah Tetapkan Tiga Tersangka

Bank Muamalat harus dipertahankan eksistensinya, katanya. Pasalnya lembaga keuangan syariah tersebut merupakan bank syariah pertama yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, selain berkomunikasi dengan OJK, Wapres juga meminta Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk ikut andil dalam menyelesaikan masalah Bank Muamalat.

Baca Juga : Demokrat Kubu Moeldoko Adakan Konferensi Pers di Proyek Hambalang

“Beliau juga tahu perasaan umat islam pada umumnya bagaimana agar Bank Muamalat agar segela selesai. Tapi sekali lagi perlu saya tegaskan adalah Wapres tidak mencampuri dan tidak mengintervensi independensi OJK dalam hal menangani Bank Muamalat, itu yang pertama yang perlu kita tegaskan supaya clear.” Tutr Masduki.

Baca Juga : Jadwal SepakBola 26, 27, 28 Maret 2021

Sementara itu, Ketua MES, Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan upaya penyelamatan dan penyelesaian Bank Muamalat.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Dalam Bentuk Pil Akan Uji Klinis Mulai Juni 2021

“Kami sudah ada kesepakatan-kesepakatan bagaimana penyelamatan Bank Muamalat ini.” Tutur Erick Thohir. Sehingga harapannya masalah tersebut dapat segera terselesaikan.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L