SIGERMEDIA.COM – TNI Angkatan Laut kembali memiliki alutsista baru dengan hadirnya kapal selam Alugro-405. Kapal selam tersebut dibuat bersama-sama antara PT PAL dengan perusahaan asal Korea Selatan, Daewo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) yang tuntas pada hari Rabu (17/3/2021).

Baca Juga : BPOM Tak Rekomendasikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Selama Proses Kajian

Kapal selam yang diberinama Alugro-405 kemudian diserahterimakan oleh DSME kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Menhan, Prabowo mengaku bangga, sebab untuk kali pertama galangan kapal milik perusahaan dalam negeri turut serta membangun kapal selam tersebut.

Baca Juga : Kabar Baik, Lebaran Idul Fitri 2021 Tak Dilarang Pemerintah

Prabowo mengatakan bahwa kapal selam merupakan bagian penting dari pertahanan negara. Sehingga negara berupaya membangun kemampuan pertahanan tersebut.

Baca Juga : AHY CS Tak Datang, Sidang Gugatan Jhoni Allen Ditunda Pekan Depan

“Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan, bukan karena kita ingin mengancam siapapun. Tidak. Berkali-kali, turun-temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai, tapi lebih cinta kemerdekaan.” Tegas Prabowo.

Beliau mengatakan bahwa serah terima kapal selam tersebut adalah sebuah momentum yang menunjukkan bahwa Indonesia sudah selangkah lebih maju dalam membangun kemampuan institusi militer Indonesia.

“Hari ini merupakan selangkah kedepan bagi kita semua untuk membangun tentara kita kearah yang lebih kuat lagi.” Tandasnya.

Pengadaan kapal selam Alugro-405 merupakan salah satu program pembangunan pertahanan khususnya matra laut. Sebelum Alugro-405, Kemenhan telah menerima kapal selam pertama, yakni KRI Nagapasa-403 dan kapal selam kedua yakni KRI Ardadedali-404 yang dibangun di Korea.

Dengan diserahterimanya kapal selam Alugro-405, Menhan yakin bahwa kapal selam tersebut dapat memperkuat alutsista TNI AL.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L