Media Informasi Kekinian

Sudah Tau? Ternyata Sunscreen Dan Sunblock Berbeda Lho!

Sudah Tau Ternyata Sunscreen Dan Sunblock Berbeda Lho
Sudah Tau Ternyata Sunscreen Dan Sunblock Berbeda Lho

SIGERMEDIA.COM – Perbedaan Sunscreen Dan Sunblock. Sunblock maupun sunscreen adalah produk untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Banyak orang menggunakan kedua tabir surya tersebut untuk melindungi kulit dari matahari.

Baca Juga : Kabar Baik, Lebaran Idul Fitri 2021 Tak Dilarang Pemerintah

Terlebih jika anda pemilik kulit yang sensitif dan mudah terkena jerawat, mudah berubah warna kulit, dan sejenisnya.

Baca Juga : Fatwa MUI: Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadhan Tak Menyebabkan Batal Puasa

Namun apakah anda tahu ternyata sunblock dan sunscreen itu berbeda lho. Kedua tabir surya tersebut memiliki perbedaan cara kerja terhadap sinar matahari yang mengenai kulit. Seharusnya anda tahu hal ini.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Apa Itu Sunblock?

Sunblock adalah produk yang fungsinya sebagai penghalang antara kulit dan sinar UV dari matahari. Sehingga sunblock bekerja dengan cara menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit ketika anda memakainya.

Baca Juga : Stadion Pahoman Sampai Taman Gajah Akan Dikelola Pemkot Bandar Lampung

Krim ini tidak menyerap sinar UV tetapi memblokir atau memantulkannya kembali sehingga mencegah sinar matahari masuk dan terserap kedalam kulit.

Baca Juga : Berikut Jadwal Piala Menpora 2021 Beserta Pembagian Grupnya

Sunblock akan bermanfaat bagi anda yang aktivitasnya terus menerus dibawah terik matahari atau pada saat cuaca ekstrem. Sehingga sunblock akan berperan untuk mencegah kulit terbakar. Hal ini berkat kandungan Zinc Oxide, atau Titanium Oxide sebagai bahan utamanya. Sehingga tekstur sunblock akan lebih pekat dan tebal.

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen adalah produk yang bekerja dengan cara mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Produk ini menyerap sinar UV. Setelah sinar UV diserap oleh sunscreen (bukan kulit) kemudian sinar UV disaring sehingga efek buruknya tidak merusak kulit.

Baca Juga : Demi Kemajuan, Bupati Lampung Selatan Ajak Para ASN Untuk Mengubah Pola Pikir

Kandungan aktif yang terdapat pada sunscreen biasanya meliputi Ovobenzene dan Oxybenzene. Terdapat juga bahan lain seperti Benzophenones, Cinnamates dan Salicylates yang melindungi kulit dari UV A dan UV B.

Baca Juga : Flyover Sultan Agung Dicoret-Coret, DPRD Bandar Lampung Sayangkan Aksi Vandalisme Tersebut

Jika anda menggunakan Sunscreen untuk melindungi kulit sepanjang anda berada di luar ruangan, sebaiknya oleskan kembali krim sunscreen setelah beberapa jam pemakaian.

Yang pasti, baik sunblock maupun sunscreen, anda harus tau terlebih dahulu jenis sunblock dan sunscreen-nya sebelum digunakan. Anda juga perlu tau apakah kulit anda termasuk tipe yang sensitif atau tidak. Jangan sampai produk tersebut membuat anda menjadi iritasi kulit.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L