Media Informasi Kekinian

Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami
Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

SIGERMEDIA.COMCara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami. Area ketiak selalu menjadi masalah bagi kaum wanita, seringnya area tersebut berwarna gelap membuat pemiliknya tampil tidak percaya diri. Karena kulit ketiak cenderung lebih tipis dan sering mendapatkan gesekan.

Baca Juga : Kebiasaan Bangun Tidur Jadi Simbol Kepribadian, Simak Cirinya

Banyak kaum wanita maupun pria yang mencari cara supaya memutihkan kulit ketiak, baik itu dengan produk berbahan kimia hingga dengan cara alami. Melansir dari Liputan6.com, cara alami lebih disarankan, bisa juga dengan merubah pola hidup.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Cara alami juga dipercaya dapat membuat kulit ketiak lebih sehat. Berikut cara memutihkan ketiak gelap:

1. Ganti deodoran atau antiperspirant
Produk kimia tertentu bisa menyebabkan ketiak gelap karena iritan kimiawinya, hingga bisa menyebabkan peradangan dan penebalan serta penggelapan kulit seiring waktu. Temukan produk deodoran yang cocok untuk kulit. Jika iritasi masih berlanjut, kamu bisa berhenti menggunakan deodoran untuk sementara.

Baca Juga : Anti Ribet, Tips Menanam Lengkuas di Rumah Sendiri

2. Stop mencukur
Mencukur ketiak secara teratur dapat menyebabkan produksi sel pigmen yang berlebihan. Area kulit yang gelap dapat terjadi ketika sel pigmen di kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya. Alih-alih mencukur, kamu bisa mencoba metode sugar waxing untuk menghilangkan bulu ketiak. Sugar waxing membuat kulit lebih halus dan membuat bulu ketiak tumbuh lebih lambat.

Baca Juga : Ini Cara Mencegah Sembelit dengan Mudah

3. Eksfoliasi
Ketiak gelap bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Melakukan eksfoliasi atau scrubbing bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit. Eksfoliasi dapat merangsang pergantian sel. Ini membuat kulit ketiak tampak lebih cerah dan halus. Kamu bisa menggunakan scub eksfoliasi yang dijual atau menggunakan bahan alami seperti bubuk kopi atau baking soda.

Baca Juga : Jangan Dibuang Ya, Ini Manfaat Kulit Semangka dan Khasiatnya

4. Gunakan pakaian longgar
Pilihlah untuk mengenakan pakaian longgar, terutama jika baru saja melakukan waxing pada ketiak. Cara memutihkan ketiak satu ini membantu kulit untuk bernapas dan menghindari gesekan. Hindari mengenakan pakaian ketat atau yang berbahan sintetis, karena akan menimbulkan gesekan yang berlebihan. Gesekan bisa menumpuk keringat dan berakhir menjadi penggelapan kulit.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab Sembelit Pada Anak

5. Penurunan berat badan
Berat badan ekstra membuat tubuh lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula darah. Kadar insulin yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan produksi sel pigmen kulit.

Baca Juga : Simak 7 Kesalahan di Pagi Hari yang Menghambat Produktivitasmu

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mengalami penggelapan di ketiak dan lipatan kulit lainnya. Menurunkan berat badan seringkali dapat menjadi cara memutihkan ketiak yang gelap.

6. Lidah buaya
Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya dapat menghambat proses penggelapan kulit. Ini dapat membantu mencerahkan ketiak yang berubah warna. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan menenangkan untuk kulit yang meradang atau iritasi. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak dan biarkan selama sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga : Sering Konsumsi Kopi? Ini Dia Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

7. Kunyit
Aplikasi rutin pada ketiak dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap. Cara mencerahkan ketiak dengan kunyit adalah dengan mencampur dua sendok makan air lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan pasta dengan air dingin.

Baca Juga : Konsumsi Telur Setengah Matang, Bermanfaat Atau Justru Berbahaya?

8. Kentang
Cara memutihkan ketiak gelap selanjutnya adalah dengan kentang. Kentang merupakan pemutih alami dan anti iritasi. Parut kentang, peras jus dari parutan kentang, dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

9. Lemon
Air lemon merupakan agen pengelupas dan pemutih alami kulit. Potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan gunakan pelembap. Hindari menggunakan lemon saat kulit sedang iritasi.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Insomnia Yang Perlu Anda Coba

10. Kulit jeruk
Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan pasta dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu.

11. Timun
Timun kaya akan air dan membantu hidrasi ketiak yang kering. Menempelkan irisan timun pada ketiak bisa membantu mencerahkan ketiak yang gelap. Iris tipis timun dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Baca Juga : Ini Cara Mudah Hilangkan Bau Sepatu dengan Bahan Sederhana

12. Minyak kelapa
Minyak kelapa bisa membantu melembapkan kulit dan mencegah kulit gelap. Pijatkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah-langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

13. Minyak zaitun
Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun dalam cara memutihkan ketiak. Campurkan dua sendok makan minyak zaitun murni dengan 2-3 sendok makan brown sugar atau gula pasir. Basahi kulit ketiak dan oleskan campuran tersebut. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

14. Minyak biji bunga matahari
Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tinggi yang membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Pijat ketiak dengan minyak bunga matahari selama satu atau dua menit. Biarkan minyak selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

15. Tea tree oil
Tea tree oil tidak hanya mencerahkan kulit ketiak tetapi juga mencegah bau pada ketiak. Sifat antimikrobanya akan membunuh mikroba yang ada dan menghilangkan bau di area tersebut. Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 250 ml air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mandi atau berendam.

Kontributor – Khoirrotun Nissa
Editor – Devi Ari L