Media Informasi Kekinian
Indeks

Pastikan Umur Simpan, Bio Farma Lakukan Pengawasan Distribusi Vaksin Covid-19

Pastikan Umur Simpan, Bio Farma Lakukan Pengawasan Distribusi Vaksin Covid-19
Pastikan Umur Simpan, Bio Farma Lakukan Pengawasan Distribusi Vaksin Covid-19

SIGERMEDIA.COM – PT Bio Farma melaksanakan prosedur tetap (protap) pengawasan umur simpan atau shelf life vaksin Covid-19 sebelum proses distribusi.

Baca Juga : Berikut Jadwal Piala Menpora 2021 Beserta Pembagian Grupnya

Mengutip Tempo.co, “Tenaga kesehatan sudah dilatih dan mempunyai prosedur tetap bahwa sebelum vaksin disuntikan akan memeriksa lebih dulu umur simpan vaksin tersebut. Jadi, vaksin akan selalu digunakan sebelum umur simpannya berakhir,” kata Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto seperti dikutip Antara, Selasa 16 Maret 2021.

Baca Juga : Calon Pekerja Migran Didorong Kemnaker Tuk Dapat Kuota Kartu Prakerja 2021

Pernyataan itu disampaikan Bambang menyikapi kabar terkait vaksin yang diduga mengalami kedaluwarsa di Indonesia. “Untuk vaksin ini, istilah yang digunakan bukan kadaluawarsa, tapi shelf life, yang kalau diterjemahkan bebas adalah umur simpan,” katanya, melansir dari Tempo.co.

Baca Juga : Catatan Covid-19 Naik Saat Mudik Libur Panjang Menurut Satgas

Bambang mengatakan BPOM telah memutuskan umur simpan vaksin Coronavac selama masa penggunaan izin darurat (EUA) adalah 6 bulan sejak tanggal produksi guna memastikan keamanan dan khasiat vaksin tersebut. Ketentuan yang sama juga berlaku pada vaksin Sinovac. BPOM telah menetapkan umur simpannya adalah enam bulan.

Baca Juga : Terkendala Sinyal, Sidang Kasus Rizieq Shihab Ditunda hingga 19 Maret 2021 Mendatang

“Kami mengikuti keputusan BPOM. Untuk itu, sejak awal kami jaga betul agar penggunaannya tetap dalam rentang shelf life,” katanya.

Bambang mengatakan vaksin yang umur simpannya akan habis adalah Vaksin Coronavac ‘batch’ pertama sejumlah 1,2 juta dosis dan 1,8 juta dosis sehingga total 3 juta dosis.

Baca Juga : Demi Kemajuan, Bupati Lampung Selatan Ajak Para ASN Untuk Mengubah Pola Pikir

Vaksin yang didatangkan langsung pada Desember 2020 dalam bentuk jadi dari Sinovac dan dikemas dalam botol kecil untuk satu kali penyuntikan.

Vaksin tersebut telah didistribusikan sejak Januari 2021 dan telah diberikan termasuk kepada Presiden Joko Widodo dan 1,45 juta tenaga kesehatan, serta 50 ribu petugas pelayanan publik.

Baca Juga : Flyover Sultan Agung Dicoret-Coret, DPRD Bandar Lampung Sayangkan Aksi Vandalisme Tersebut

“Jadi vaksin tersebut saat ini telah habis digunakan,” katanya.

Bambang memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang sekarang digunakan untuk vaksinasi tahap kedua bagi kelompok lansia dan petugas pelayanan publik bukan vaksin Coronavac batch pertama, melainkan vaksin yang datang di tahap berikutnya dalam bentuk bulk lalu diproses oleh Bio Farma.

Baca Juga : Isu Masa Jabatan Presiden 3 Periode, Jokowi: Jangan Buat Kegaduhan Baru

“Kemasannya beda, bukan lagi botol kecil yang untuk sekali penyuntikan, tapi dalam botol besar atau vial yang berisi 10 dosis,” katanya.

Kontributor – Khoirrotun Nissa
Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News