SIGERMEDIA.COM – Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait isu yang merebak terkait dengan masa jabatan yang akan ditambah menjadi 3 periode. Jokowi dituding menginginkan masa jabatan selama tiga periode.

Baca Juga : Sebesar Rp 86 Triliun untuk Anggaran Pemilu 2024 dan Pilkada Rp 26 Triliun Diusulkan KPU

Mengenai hal tersebut, Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi mengungkapkan bahwa dirinya membantah bahwa masa jabatan akan menjadi 3 periode.

Baca Juga : Rekom PT Sritex dalam Kasus Bansos, Eks Pejabat Kemensos Ragu Menjawabnya

“Saya menjadi presiden melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia berdasarkan konstitusi. Karena itu, pemerintahan ini juga berjalan tegak lurus dengan konstitusi.” Tulisnya dalam akun Instagram pribadinya.

Baca Juga : Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 pada Pertengahan April, Berikut Informasinya

Beliau mengatakan bahwa konstitusi membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode. Dan hal itu tidak berubah sampai saat ini. Beliau juga menegaskan bahwa dirinya tidak berminat untuk menjadi presiden tiga periode.

Baca Juga : Kebiasaan Bangun Tidur Jadi Simbol Kepribadian, Simak Cirinya

“Dan sikap saya terhadap konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode tidak berubah sampai detik ini. Saya sama sekali tidak memiliki niat, juga tidak berminat untuk menjadi presiden tiga periode.” Tandasnya dalam keterangan di status Instagram Presiden Joko Widodo, pada Senin (15/3/2021).

Baca Juga : Anti Ribet, Tips Menanam Lengkuas di Rumah Sendiri

Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur bahwa masa jabatan presiden paling lama dua periode. Untuk itu jokowi meminta untuk tetap mematuhi konstitusi yang berlaku tersebut.

“Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden paling lama dua periode. Mari kita patuhi bersama.” Tulis Jokowi.

Baca Juga : Terjun Ke Dunia Politik, Artis Ramzi Gabung Partai NasDem

Presiden Jokowi meminta kepada masyarakat agar tidak membuat kegaduhan baru terkait isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Sebab saat ini pemerintah sedang fokus pada penanganan pandemi.

“Janganlah membuat kegaduhan baru. Kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi.” Ujar Jokowi melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Pada Senin (15/3/2021).

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L