Media Informasi Kekinian

Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Candi Borobudur Jadi Cagar Budaya Kelas Dunia

Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Candi Borobudur Jadi Cagar Budaya Kelas Dunia
Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Candi Borobudur Jadi Cagar Budaya Kelas Dunia

SIGERMEDIA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan lakukan revitalisasi tata kelola kawasan Candi Borobudur menjadi kawasan cagar budaya yang berkelas dunia. Dua hingga tiga tahun kedepan, salah satu misi Kemendikbud adalah mengembangkan dan menguatkan Candi Borobudur sesuai dengan Outstanding Universal Value (OUV).

Baca Juga : Muhammadiyah Keluarkan Pedoman Ibadah Puasa Ramadhan dan Shalat Id Di Masa Pandemi

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem Makarim dalam sesi diskusi bersama Balai Konservasi Borobudur (BKB), di Magelang Jawa Tengah (12/3/2021).

Baca Juga : Dugaan Penipuan, Dua Bos Sinarmas Dilaporkan Polisi

Mendikbud Nadiem Makarim dalam diskusi tersebut memberikan apresiasi terhadap upaya perlindungan Candi Borobudur yang berstatus warisan dunia UNESCO tersebut. Namun, semangat tersebut masih harus ditingkatkan agar Candi Borobudur betul-betul menjadi cagar budaya kelas dunia.

Baca Juga : Daya Beli Belum Pulih, Bagaimana Nasib Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan?

Untuk mendorong hal tersebut, Kemendikbud akan segera lakukan revitalisasi tata kelola, perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kawasan Candi Borobudur dalam satu manajemen.

Baca Juga : Cara Menentukan Awal Ramadhan Metode Hisab Dan Rukyat

Dalam diskusi tersebut, Nadiem menjelaskan bahwa dalam pengembangan dan pemanfaatan kawasan Candi Borobudur harus memperatikan unsur-unsur yang dibutuhkann cagar budaya kelas dunia.

Baca Juga : Terjun Ke Dunia Politik, Artis Ramzi Gabung Partai NasDem

“Secara prinsip, Kemendikbud mendukung upaya pengembangan, tentu tetap mengacu dan memperhatikan unsu-unsur yang harus dipenuhi sesuai dengan tata cara pelestarian cagar budaya.” Tutur Mendikbud. Hal ini dilakukan supaya nilai-nilai yang terkandung dalam kawasan Candi Borobudur dan budaya luhur dapat dipertahankan dan dilindungi sepanjang masa.

Baca Juga : Terlihat Sepele, Beberapa Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh

Nadiem menegaskan bahwa ingin mengembangkan dan menguatkan narasi hebat Candi Borobudur sesuai dengan Outstanding Universal Value (OUV) dan budaya yang melingkupinya dengan harapan kawasan Candi Borobudur menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara apabila berkunjung ke Indonesia selain Bali.

Baca Juga : Diduga Wanprestasi, Erick Thohir dan PT Barata Indonesia Digugat ke PN Jakpus

“Mari ita jadikan Candi Borobudur sebagai panggung kekayaan budaya dan kebhinekaan Indonesia.” Ucap beliau.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L