Sering Konsumsi Kopi? Ini Dia Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

Sering Konsumsi Kopi Ini Dia Manfaat dan Bahaya Minum Kopi
Sering Konsumsi Kopi Ini Dia Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

SIGERMEDIA.COMManfaat dan Bahaya Minum Kopi. Kopi adalah minuman segala kalangan. Beragam variasi minuman atau bahkan makanan yang berbahan kopi sudah terkenal dimana-mana.

Baca Juga : Hati-Hati, Kurang Minum Air Putih Dapat Sebabkan Gangguan Ginjal!

Minuman yang memiliki ciri khas pahit ini memang nikmat. Tak dapat dipungkiri, semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai minuman yang satu ini.

Baca Juga : Konsumsi Telur Setengah Matang, Bermanfaat Atau Justru Berbahaya?

Penelitian juga sudah banyak yang membahas mengenai kopi. Baik itu penelitian yang membahas manfaat maupun bahaya yang ditimbulkannya.

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

Anda sebagai penikmat kopi perlu mengetahui hal ini. Apalagi bagi anda yang mengkonsumsinya setiap hari, apakah berbahaya?

Manfaat Minum Kopi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kopi hitam mengandung anti depresan yang mampu mencegah depresi. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi selain membuat anda lebih terjaga, namun juga dapat meningkatkan daya ingat.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Insomnia Yang Perlu Anda Coba

Kafein mampu meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang dan memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan.

Konsumsi kopi juga dapat memacu metabolisme tubuh lebih cepat. Artinya, tubuh lebih cepat melakukan pembakaran lemak sehingga membantu proses penurunan berat badan bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga : Ini Cara Mudah Hilangkan Bau Sepatu dengan Bahan Sederhana

Tak hanya itu, kafein dalam kopi juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini karena didalam kopi mengandung asam klorogenat yang terkandung di dalam kafein.

Bahaya Minum Kopi

Jika anda mengkonsumsi dalam taraf yang wajar, kopi hitam mengandung banyak manfaat. Namun justru berbahya bagi tubuh jika anda mengkonsumsi terlalu banyak atau mengkonsumsi lebih dari batas wajar.

Berbagai efek samping yang berbahaya jika anda berlebihan mengkonsumsinya diantaranya yaitu, anda akan mengalami nyeri perut. Kopi hitam memiliki efek pencahar dan juga merangsang pelepasan asam lambung yang akan memperburuk kondisi penyakit GERD atau asam lambung.

Efek samping lainnya jika anda mengkonsumsi kopi berlebihan yaitu dapat mengalami jantung berdebar. Kafein dapat merangsang jantung untuk bekerja lebih cepat. Efek lainnya yang umum yaitu anda akan mengalami sulit tidur dan perasaan gelisah karena kopi dapat menghalangi pelepasan hormon adenosine atau hormon rasa lelah di otak.

Oleh karena itu, konsumsilah kopi dalam batas yang wajar untuk mendapatkan manfaatnya dan menghidari efek samping yang berbahaya. Namun jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus lebih baik konsultasikan ke dokter terkait untuk mengetahui batasan konsumsi kopi yang dianjurkan.

Kontributor – Ariski S
Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News