SIGERMEDIA.COM – 10 Tips Mengurangi Efek Radiasi Ponsel. Radiasi ponsel menyebabkan beberapa keluhan. Terlebih jika anda terlalu lama menelepon seseorang, atau anda yang sedang berada di wilayah yang memiliki jaringan lemah.

Baca Juga : Tips Merawat Baterai Ponsel Agar Awet dan Tahan Lama

Pasalnya pada saat-saat tersebut, ponsel akan terus menerus memancarkan radiasi tinggi. Seseorang yang menggunakan ponsel akan lebih beresiko mengalami electrical hypersensitivity yang diakibatkan oleh gelombang radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel.

Baca Juga : Ini Aplikasi Android Terbaik

Seseorang yang mengalaminya akan merasakan gejala neurologis dan sensitivitas terhadap medan elektromagnetik, yaitu sakit kepala atau pusing dan rasa panas. Semakin lama penggunaan handphone untuk menelepon seseorang maka gejala tersebut kemungkinan semakin terasa.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik

Hal itu diakibatkan karena pembuluh darah di lehernya menyempit sehingga meningkatkan tekanan darah.
Nah, untuk mengurangi hal tersebut maka 10 tips ini mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan ponsel. Berikut ini tipsnya yang perlu anda coba.

Tips Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

1. Gunakan headset
Saat anda mendengarkan musik streaming, menelepon, bermain game, dan aktivitas lainnya, biasakan menggunakan headset. Headset meminimalisir adanya paparan radiasi langsung jarak dekat antara ponsel dengan kepala anda.

Baca Juga : Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru

2. Aktifkan loudspeaker
Saat menelepon, pancaran radiasi ponsel akan terus-menerus mengenai bagian kepala anda. Mengaktifkan loudspeaker akan mengurangi paparan radiasi ponsel saat anda menelepon karena ponsel tidak langsung menempel telinga.

3. Jangan gunakan ponsel saat sinyal lemah
Saat anda memaksa menggunakan ponsel saat sinyal lemah, maka kemungkinan paparan radiasi yang anda terima akan meningkat. Sebab, ponsel anda akan berusaha meningkatkan kinerjanya untuk mendapatkan sinyal.

4. Jangan terlalu sering menelepon
Jika memang bukan urusan urgent atau penting, gunakan saja cara komunikasi yang lain seperti SMS, Whatsapp, Telegram, Email, atau yang lainnya. Hindari kebiasaan menelepon terlalu sering dan dalam waktu yang lama.

5. Aktifkan mode pesawat jika tidak digunakan
Jika anda tidak sedang menggunakan ponsel, aktifkan mode pesawat untuk mengurangi pancaran radiasi yang dihasilkan ponsel anda. Saat mode pesawat diaktifkan, maka ponsel tidak akan mencari sinyal karena tidak adanya koneksi jaringan.

6. Jangan letakkan ponsel dalam saku
Sekali lagi, anda hanya perlu menjauhkan ponsel anda dari tubuh. Ketika ponsel dalam keadaan standby, sebisa mungkin jangan diletakkan pada saku baju, celana, ataupun pinggang. Letakkan didalam tas lebih baik.

7. Ukur batas jarak mata dengan layar ponsel
Jangan terlalu dekat menatap layar ponsel. Jika tidak, mata anda lama kelamaan akan mengalami rasa panas ataupun pedih. Maka ukur batas jarak mata dengan layar ponsel anda dengan jarak yang lumayan jauh.

8. Matikan ponsel saat tidur
Mematikan ponsel saat tidur sebaiknya dijadikan kebiasaan. Ponsel dalam kondisi nonaktif tidak akan memancarkan radiasi apapun. Jadi tidur anda akan terasa lebih pulas dan berkualitas.

9. Hindari membeli ponsel dengan radiasi tinggi
Beberapa pabrikan membuat ponsel dengan spesifikasi tertentu yang membuat tingkat radiasi yang dihasilkan ponsel menjadi tinggi. Anda perlu mencari informasi mengenai ponsel apa saja yang terbukti memiliki daya radiasi yang tinggi.

10. Kurangi penggunaan ponsel
Ini adalah sebaik-baik langkah. Kurangi penggunaan ponsel maka anda akan aman dari paparan radiasi. Gunakan ponsel saat perlu saja. Jangan terlalu lama bermain-main dengan ponsel.

Efek yang ditimbulkan ponsel bermacam-macam. Tetapi paling banyak adalah rasa panas atau sakit kepala. Maka jika anda merasakan hal tersebut dan menyadari bahwa anda terlalu lama menggunakan ponsel, segera terapkan tips diatas atau kurangi penggunaan ponsel.

Kontributor – Ariski S

EDITOR – Devi Ari