Media Informasi Kekinian

Daya Beli Belum Pulih, Bagaimana Nasib Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan?

Daya Beli Belum Pulih, Bagaimana Nasib Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan
Daya Beli Belum Pulih, Bagaimana Nasib Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

SIGERMEDIA.COM – Daya Beli Belum Pulih, Bagaimana Nasib Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan?. Presiden Joko Widodo mengarahkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar tetap menjaga stok dan stabilitas harga pangan meskipun disinyalir daya beli masyarakat masih belum membaik sepenuhnya.

Baca Juga : Cara Menentukan Awal Ramadhan Metode Hisab Dan Rukyat

Oke Nurwan, Kepala Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan merespon arahan presiden. Beliau menjelaskan bahwa memang pemerintah perlu ambil langkah antisipatif untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok stabil meski daya beli belum pulih.

“Walaupun perkiraan daya beli belum pulih sepenuhnya, kita perlu ambil langkah antisipatif untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok stabil.” Tutur Oke pada acara Diskusi Panel Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bapok secara virtual, pada Jum’at (5/3/2021).

Langkah ini dianggap penting karena ditakutkan harga bahan pokok tiba-tiba naik pada saat menjelang puasa karena naiknya permintaan bahan pokok seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, cuaca atau iklim juga menjadi pertimbangan. Apalagi saat ini dalam kondisi iklim yang tidak menentu. Dengan adanya banjir dan bencana alam lainnya, atau kondisi iklim yang tidak menentu dapat mengganggu produksi dan distribusi.

“Kita menghadapi cuaca atau iklim yang dapat mengganggu produksi dan distribusi di dalam negeri” Kata Oke.
Oke juga mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah berhasil menjaga stok dan stabilitas harga kebutuhan pokok.

Semua dapat berjalan dengan baik karena seluruh pihak telah berkolaborasi untuk mengantisipasi ketersediaan dan stabilisasi harga.

Kontributor – Ariski S