SIGERMEDIA.COMKhasiat dan Manfaat Kulit Semangka. Buah semangka yang segar kerap ada di seluruh wilayah Indonesia, populasinya menyebar luas dan bisa dengan mudah untuk menemukannya. Khasiat buah semangka pun juga banyak, selain nikmat juga menyimpan segudang manfaat.

Bahkan tak hanya daging buahnya, kulit buah semangka pun menyimpan manfaat. Kulitnya yang selalu dibuang ketika usai makan, tetapi kali ini jangan lagi dibuang. Bisa diolah dan dimanfaatkan untuk kesehatan.

Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah pernah mengkonsumsi kulitnya? Yuk simak penjelasan berikut untuk lebih mengenal kulit semangka.

Ini Manfaat Kulit Semangka

1. Meningkatkan Pencernaan
Dilansir dari Kumparan, kandungan serat yang tinggi pada kulit semangka dapat melancarkan pencernaan serta menjaga kesehatan. Kadar air dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi kulit semangka.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Dengan mengkonsumsi daging semangka serta kulitnya dapat mengontrol tekanan darah. Bagi penderita hipertensi bisa menyantap secara rutin, demi menjafa tekanan darah tingginya. Supaya menurunkan risiko penyakit lanjutan sepeeti gagal jantung atau stroke. Namun, jika mengalami gejala lain, lebih baik konsultasikan dengan dokter.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit semangka mengandung likopen, flavonoid serta antioksidan. Senyawa tersebut dikenal bisa menurunkan efek radikal bebas dan stres oksidatif. Radikal bebas dapat memicu munculnya noda hitam, bintik-bintik penuaan, serta kerutan yang dapat menyebabkan seseoeang terlihat lebih tua dari usianya. Maka dari itu, mengkonsumsi kulit semangka dapat menciptakan kulir sehat dan terawat.

Nah, sekarang sudah lebih paham kan khasiatnya bagi tubuh. Yuk mulai sekarang kita terapkan!!

(Oleh/Khoirrotun Nissa)