SIGERMEDIA.COM – Daftar Negara Pengguna Vaksin Sinovac 19 Buatan China. Indonesia menjadi salah satu negara yang turut memilih Vaksin Sinovac 19 sebagai tameng utama dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang hingga kini trendnya terus mengalami peningkatan.

Dipilihnya Vaksin Sinovac 19 yang bukan lain merupakan produk dari China tentunya menuai beragam reaksi dari banyak kalangan, terlebih lagi hingga saat ini pihak Bio Farma urung melakukan uji klinis tahap ketiga dan juga belum dikeluarkannya izin dari BPOM.

Baca Juga : Cek Harga Vaksin Sinovac 19 di Indonesia

Namun nyatanya Indonesia bukanlah negara satu-satunya yang menggunakan Vaksin Sinovac selain China sebagai negara yang memproduksinya melainkan ada beberapa negara lain yang juga turut menggunakan vaksin ini.

Daftar Negara Pemakai Vaksin Sinovac 19 Besutan China

China tentu juga turut menggunakan vaksin produksinya sendiri, selain pihaknya yang mengklaim telah melakukan uji klinis terhadap vaksin besutanny, beberapa negara juga telah mengeluarkan hasil penelitian uji klinis terhadap vaksin Sinovac 19 yang turut mendukung vaksin tersebut dengan tingkat keberhasilan 59-90 persen.

Vaksin Sinovac 19

Turki

Kementerian Kesehatan Turki telah mengumumkan rencana penggunaan Sinovac sejak akhir Desember 2020. Turki sepakat untuk memesan 50 juta dosis vaksin Sinovac.

Brasil

<

p style=”text-align: justify;”>Sama dengan Indonesia, Brasil menjadi salah satu tempat uji klinis III. Pada pertengahan November 2020, Brasil menerima 120 ribu dosis pertama Sinovac dan menunggu persetujuan regulator kesehatan nasional (Anvisa). Meski begitu, Brasil masih terus melakukan pengujian untuk mengetahui seberapa efektif vaksin Sinovac dalam pencegahan penularan COVID-19. Pasalnya, berdasarkan uji coba Brasil sendiri ditemukan efikasi yang lebih rendah dari yang ditemukan oleh ilmuwan di Turki meski masih berada di atas ketentuan WHO.