PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi, baru saja dipercaya untuk menyuplai produk precast terbarunya, yaitu Sistem Perkerasan Rigid Waskita Precast (SPRigWP) untuk Proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4.

Sebanyak 70 panel SPRigWP akan disuplai untuk bagian jalan sepanjang 120 meter dan lebar 11,7 meter pada jalan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut. Hal ini merupakan suplai pertama WSBP untuk proyek jalan tol, terutama untuk tol besar yang termasuk dalam Trans Jawa milik PT Transjawa Paspro Jalan Tol.

Vice President of Corporate Secretary WSBP, Fandy Dewanto, mengatakan bahwa hal ini adalah bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung keberhasilan pembangunan PSN pemerintah. Saat ini, progress produksi sudah mencapai 100 persen dan akan dikirimkan bertahap ke proyek, serta ditargetkan proses suplai dan instalasi produk hingga proses grouting selesai sekitar akhir Mei 2023.

Produk inovasi WSBP ini menjadi solusi untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan secara cepat dan efisien, di mana jalan langsung bisa digunakan 3-4 jam setelah pemasangan dan pelaksanaan rangkaian uji coba.

Proses pemasangan dilakukan dengan nyaman tanpa menutup jalan, yaitu dengan metode pemasangan per lajur sehingga lalu lintas dapat tetap diakses masyarakat selama pemasangan dan uji coba berlangsung. SPRigWP hasil produksi WSBP memiliki beberapa keunggulan, di antaranya waktu instalasi yang lebih cepat, bisa digunakan untuk konstruksi jalan baru dan peningkatan jalan, serta bisa mengendalikan beban berlebih dan kerusakan jalan.

Selain itu, SPRigWP juga memiliki daya tahan yang lebih lama, pemasangan lebih mudah, cepat, dan tepat, jalan dapat segera difungsikan, bisa meminimalisir penutupan jalan, serta memiliki biaya perawatan yang mudah. SPRigWP juga telah mendapatkan Paten dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM dengan Nomor IDP000080495 dan Spesifikasi Khusus Interim dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR sehingga dapat digunakan pada pembangunan/preservasi jalan di lingkungan Dirjen Bina Marga.

WSBP berharap produk precast terbarunya ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dan efisien. Produk SPRigWP juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan adanya akses transportasi yang lebih baik dan aman.