Waspada Phishing! Kiat Aman Belanja Online Menjelang Lebaran

Blibli Bagikan Tips Belanja Online Aman di Masa Libur Lebaran

Belanja online tetap menjadi pilihan konsumen menjelang Lebaran, meskipun pembatasan aktivitas luar ruangan sudah dicabut. Namun, setidaknya ada tiga modus kejahatan siber yang marak menjelang libur panjang Lebaran, yaitu penjahat mengaku sebagai petugas e-commerce yang menawarkan diskon, pelaku berpura-pura menjadi kurir e-commerce dan mengirim tautan palsu berupa berkas ekstensi APK, dan penjahat siber berpura-pura mengonfirmasi penukaran hadiah dan membujuk korban memberikan kode OTP yang dikirimkan ke email atau SMS.

Blibli sebagai salah satu platform niaga daring mengimbau agar konsumen waspada terhadap modus kejahatan tersebut. Badan Siber dan Sandi Negara mencatat hampir 1 miliar serangan siber terjadi di Indonesia pada 2022, dan masa libur Lebaran menjadi salah satu periode dengan tingkat serangan tertinggi.

Untuk itu, Blibli membagikan empat tips belanja online yang aman menjelang Lebaran, yaitu:

1. Jangan bagikan PIN atau kode OTP
Saat mendaftar atau masuk ke akun e-commerce, pengguna biasanya akan mendapatkan kode OTP atau PIN yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email yang didaftarkan. Jangan pernah membagikan kode OTP itu kepada siapapun. Selain tidak membagikan kode OTP, keamanan akun juga bisa dijaga dengan mengganti kata sandi secara berkala dan tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun.

2. Waspadai phishing
Phishing merupakan teknik penipuan uang sering kali memakan korban, biasanya berupa tautan yang dibagikan melalui SMS, pesan instan atau email. Pengguna e-commerce perlu waspada jika ada nomor tidak dikenal mengirim tautan. Jangan sekali-kali mengeklik tautan itu supaya data tidak tidak diambil penjahat siber.

3. Tidak mudah tergiur diskon
Pengguna e-commerce bisa menjadi korban penipuan karena terlena dengan promo besar-besaran dan harga barang yang sangat murah. Jadilah pembeli yang cerdas dan teliti saat berbelanja online, yaitu cek produk dan toko online tersebut.

4. Minta rekomendasi
Meminta rekomendasi dari teman atau melihat ulasan dari konsumen lain bisa diterapkan untuk menghindari penipuan saat belanja online. Ulasan yang lengkap, detail dan masuk akal menjadi penanda bahwa toko dan produk bisa dipercaya. E-commerce seperti Blibli mengkurasi penjual dan menyediakan official store atau toko resmi dari merek kenamaan.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan konsumen bisa berbelanja online dengan aman dan nyaman di masa libur Lebaran.

Temukan Artikel Viral kami di Google News