Twitter Hadirkan Fitur Pengaman Ganda 2FA Berbayar

SIGERMEDIA.COM – Baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan fitur Autentikasi Dua Faktor (2FA) eksklusif melalui pesan teks atau SMS untuk pelanggan Twitter Blue.

Akun lain diminta untuk menggunakan atau mencari untuk autentikasi. Kebijakan ini akan berlaku mulai 20 Maret 2023.

Twitter menjelaskan bahwa langkah ini diambil karena 2FA berbasis nomor telepon kerap menjadi celah yang disalahgunakan oleh peretas.

Walaupun begitu, sejumlah pengamat meragukan alasan Twitter tersebut. Mereka berspekulasi bahwa niat sebenarnya dari penerapan kebijakan ini adalah untuk menambahkan 2FA SMS sebagai salah satu fitur berbayar yang ditawarkannya kepada pelanggan Twitter Blue.

Twitter Blue merupakan layanan berlangganan bulanan yang dipatok dengan tarif Rp120 ribu per bulan, atau Rp1,25 juta per tahun, bagi yang mendaftar via Twitter versi web.

Harga berlangganan lebih mahal apabila membeli layanan melalui aplikasi Twitter di dan (mobile), yakni Rp165 ribu per bulan.

Pengguna non-Twitter Blue masih bisa menggunakan perlindungan 2FA yang lain, yakni menggunakan aplikasi autentikator atau kunci keamanan seperti Google Authenticator, 1Password, Authy dan platform lainnya.

Hal yang perlu dilakukan hanya mengubah pilihan autentikasi dua langkah melalui pengaturan akun.

Perlu diingat bahwa menonaktifkan 2FA SMS tidak secara otomatis menghapus data nomor telepon dari akun Twitter.

Oleh karena itu, setiap pengguna Twitter disarankan untuk menggunakan metode autentikasi yang aman.

Temukan Artikel Viral kami di Google News