Kapan Cap Go Meh 2023 Tanggal Berapa? Simak Jadwal Acaranya

Kapan Cap Go Meh 2023 Tanggal Berapa
Kapan Cap Go Meh 2023 Tanggal Berapa

Apa Itu Cap Go Meh?

Istilah “Cap Go Meh” berasal dari bahasa Hokkien yang bisa diterjemahkan sebagai “15 malam” atau “15 hari” setelah Tahun Baru . Karena Imlek jatuh pada 22 Januari, maka Cap Go Meh akan dirayakan pada 5 Februari 2023.

Awalnya, Cap Go Meh digelar sebagai hari pemujaan untuk Dewa Thai Yi, yang dianggap sebagai dewa teratas di langit oleh Dinasti Han.

Menurut beberapa sumber, perayaan ini hanya dilakukan oleh kalangan istana dan belum dikenal secara luas oleh masyarakat China. Baru setelah pemerintahan Dinasti Han berakhir, perayaan ini menjadi lebih terbuka bagi umum.

Perayaan ini dilakukan pada malam hari dan membutuhkan penerangan dengan lampion-lampion yang dipasang sejak senja hingga keesokan harinya.

Lampion-lampion tersebut menjadi bagian penting dalam perayaan Cap Go Meh, memberikan makna penerangan dan kelancaran rezeki.

Penutup dari kemeriahan Tahun Baru Imlek adalah Cap Go Meh yang dirayakan setiap tanggal 15 pada bulan pertama dalam kalender Tionghoa.

Kegiatan dimulai dengan doa bersama di wihara, dilanjutkan dengan pengiringan alat musik kenong dan simbal, serta tarian Barongsai dan pertunjukan tradisional dari budaya Tionghoa.

Cap Go Meh Celebration biasanya dipenuhi dengan kegiatan pawai, pameran pertunjukan barongsai di jalan serta penyalakan lampion sebagai pemandangan kota.

Selain pesta rakyat yang dipenuhi dengan lampion, tradisi merayakan Cap Go Meh di China juga dilakukan dalam lingkup keluarga dengan memperkenalkan tradisi makan bersama.

Temukan Artikel Viral kami di Google News