SIGERMEDIA.COM – Sepanjang 2022, Mandiri Salurkan Rp 40 Triliun ke 351 Ribu Pelaku Usaha.

Menurut PT Tbk, sampai akhir Desember 2022, perusahaan telah menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejumlah Rp 40 triliun.

Dana tersebut diterima oleh 351 ribu pelaku usaha.

Jika dilihat lebih detail, pada tahun lalu, sebagian besar dana KUR yang disalurkan oleh perusahaan ditujukan ke sektor produksi, yaitu sebesar 59,73 persen atau Rp 23,89 triliun.

Setiap tahun, Bank Mandiri selalu mencapai target yang ditentukan pemerintah dalam hal penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di seluruh jenisnya,” ungkap SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K Triprakoso dalam pernyataan resmi pada Jumat (13/1/2023).

Dia juga menyatakan bahwa penyaluran KUR Mandiri merupakan bentuk dukungan dari pemerintah dan Bank Mandiri sebagai lembaga keuangan dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Mandiri dapat menjadi sarana untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor produktif.

Tren penyaluran KUR Bank Mandiri di sektor produktif juga mengalami peningkatan, seiring dengan mandat yang diberikan oleh pemerintah.

Salah satu sektor yang memperoleh dukungan KUR dari Bank Mandiri adalah sektor pertanian, yang pada tahun 2022 berhasil menyumbang 29,53 persen dari total KUR Bank Mandiri atau senilai Rp 11,81 triliun.

Sektor Jasa Produksi juga mengalami peningkatan dengan nilai Rp 8,03 triliun pada tahun 2022 atau sekitar 20,07 persen dari total penyaluran KUR Bank Mandiri pada tahun 2022.